Selasa 26 Januari 2021, 10:22 WIB

Sepanjang Tol Trans Sumatra akan Ditanami 70 Ribu Pohon

Rudi Kurniawansyah, M. Iqbal Al Machmudi | Nusantara
Sepanjang Tol Trans Sumatra akan Ditanami 70 Ribu Pohon

MI/Rudi Kurniawansyah
Jalan Tol Trans Sumatra

 

PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) menerapkan konsep jalan tol hijau dan ramah lingkungan bagi pengguna jalan yang melintas. Dengan menanam 6.600 pohon di sekitar rest area KM 87 Tol Bakauheni-Terbanggi Besar bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Selasa (26/1)

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala BPJT Danang Parikesit, Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto, Direktur Operasi I Hutama Karya Suroto dan Direktur BUMN lainnya.

"Ini bukan pertama kali kami menanam pohon. Pada Hari Bakti PU ke 75, kita menanam di seluruh green belt bendungan bersama seluruh balai-balai, sekarang kita gerakkan lagi selagi musim penghujan," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulisnya, Selasa (26/1).

Menurutnya penghijauan tersebut sebagai salah satu bentuk menjaga keselarasan antara perekonomian, infrastruktur, serta konservasi. 

"Kita gerakkan penghijauan di ruas tol atau bendungan sebagai kepedulian akan isu perubahan iklim," ucapnya.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan penanaman pohon ini bagian dari rencana menghijaukan jaringan jalan tol di Indonesia yang berfokus pada penataan lansekap ruang terbuka hijau dan permasalahan perubahan iklim.

"Salam program penghijauan perdana di jalan tol ruas Bakauheni- Terbangi Besar- Kayu Agung akan di tanam 6.600 pohon kayu putih serta gaharu. Di mana ada 5.000 pohon akan ditanam sepanjang koridor tol hingga rest area dan 1.600 buah lain di sepanjang koridor luar rest area," ujar Danang.

"Penghijauan ini selain bermanfaat untuk mengatasi permasalahan perubahan iklim serta menjaga keberagaman hayati, juga dapat menghasilkan nilai komersial sebab tanaman tersebut cukup cepat tumbuh sehingga manfaatnya dapat segera dirasakan," tambahnya. 

Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto mengatakan kedepan akan ada total lebih kurang 70.000 pohon di 14 rest area sepanjang JTTS dengan total lebih-kurang 5.000 pada tiap-tiap rest area.

"Dalam tahapan pertama ini, di lokasi rest area KM 87A Tol Bakauheni-Terbanggi Besar sebelumnya telah ditanamkan 1.000 pohon dan hari ini kami tambah lagi 5.600 pohon dimana secara simbolis telah dilakukan oleh Pak Basuki," ujar Budi.

baca juga: Presiden Perintahkan Cari Pembiayaan Alternatif Tol Trans-Sumatra

Budi menjelaskan dengan seremonial penanaman pohon secara simbolis tersebut, maka secara resmi Hutama Karya telah berkomitmen untuk melakukan penghijauan di sekitar Rest Area JTTS Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar dan Ruas Terbanggi Besar- Pematang Panggang-Kayu Agung.

"Dengan dilakukannya penanaman pohon secara simbolis tersebut, kami akan berkolaborasi dengan Kementerian PUPR dalam penanaman dan pemeliharaan pohon untuk mendukung penghijauan dengan tanaman produktif di wilayah JTTS. Hal ini sebagai wujud pembangunan infrastruktur yang tetap mendukung pelestarian, konservasi, dan menjaga biodiversitas atau ekosistem dari kondisi setempat. Rest Area yang rindang nantinya," [pungkasnya. (OL-3)

Baca Juga

Medcom.id

Baku Tembak Kembali Terjadi di Wilayah Mile 53 Papua

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 02 Maret 2021, 09:17 WIB
Polisi dan kelompok kriminal bersenjata (KKB) dari kelompok kali Kopi pimpinan Joni Batak kembali baku tembak di wilayah Mile 53, Papua,...
MI/Dwi Apriani

Pemprov Sumsel Targetkan 80% Warga Divaksinasi Covid-19

👤Dwi Apriani 🕔Selasa 02 Maret 2021, 09:04 WIB
Pemprov Sumatra Selatan menargetkan 80% warganya divaksinasi. Untuk mencapai target itu dibentuk Kompi Tracer dan Vaksinator di Sumsel...
MI/Hijrah Ibrahim

Pemprov Maluku Utara Gelar Sail Tidore September Mendatang

👤Hijrah Ibrahim 🕔Selasa 02 Maret 2021, 08:58 WIB
Menyambut Sail Tidore September mendatang, Pemprov Maluku Utara melalui Dinas Pariwisata dan Perintah Kota Tidore Kepulauan terus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya