Senin 23 November 2020, 00:48 WIB

KPU Mamuju Siapkan Alat Bantu dengan Huruf Braille bagi Tuna Netra

mediaindonesia.com | Nusantara
KPU Mamuju Siapkan Alat Bantu dengan Huruf Braille bagi Tuna Netra

ANTARA FOTI/M Faisal Hanapi
Ketua KPU Kabupaten Mamuju, Ahmad Amran Nur di Mamuju

 

KOMISIONER Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Ahmad Amran Nur, mengaku akan menyediakan alat bantu berupa 'template' dengan huruf braille bagi pemilih penyandang tuna netra di Pilkada Mamuju.

Pihaknya memastikan akan memberikan pelayanan yang maksimal bagi penyandang disabilitas saat pencoblosan di Pilkada Mamuju. Ia mengatakan, KPU Mamuju akan menyediakan 'template' alat bantu coblos surat suara bagi daftar pemilih tetap (DPT) yang tuna netra.

"Pemilih tuna netra dipersilakan mengajukan pendamping dan diharapkan dari pihak keluarga, dan tidak boleh diwakilkan, pendamping juga hanya mendampingi saja, yang nyoblos tetap yang bersangkutan," kata Ahmad.

Baca juga: KPU Fasilitasi Pendamping Bagi Pemilih Disabilitas

Menurut dia, KPU Kabupaten Mamuju telah meminta kepada penyelenggara di tingkat kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) untuk memberlakukan setiap pemilih secara setara termasuk kepada kalangan difabel.

Amran mengatakan, KPU Mamuju berkomitmen bakal tetap memfasilitasi para pemilih difabel, untuk dapat menyalurkan hak politiknya pada 9 Desember 2020.

"Begitu pun bagi pemilih yang membutuhkan kursi roda, itu juga akan disiapkan, KPU Mamuju fasilitasi, intinya pemilih difabel silahkan ke TPS, karena akan diberikan kemudahan," tuturnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Sirekap di tingkat TPS Pilkada 2020 telah dilaksanakan KPU Mamuju untuk menyukseskan Pilkada Mamuju.(Ant/OL-5)

Baca Juga

MI/Rudi Kurniawansyah

Setelah Istri, Gubernur Riau Terkonfirmasi Positif Covid-19

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Selasa 01 Desember 2020, 18:40 WIB
GUBERNUR Riau Syamsuar dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah sehari sebelumnya Misnarni, istri Syamsuar dinyatakan...
MI/Lilik Darmawan

Pembangunan Bandara JB Soedirman Purbalingga Tinggal 25%

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 01 Desember 2020, 17:35 WIB
PROGRES pembangunan Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Wirasaba, Purbalingga, Jawa Tengah telah mencapai 75% atau tinggal 25%...
MI/Andri Widiyanto

Perayaan Natal di Palangka Raya Boleh Dilaksanakan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 01 Desember 2020, 17:21 WIB
Setiap jemaat yang beribadah di gereja menggunakan masker dan menyiapkan fasilitas cuci tangan disertai sabun serta menyiapkan "hand...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya