Sabtu 05 September 2020, 04:50 WIB

Sampoerna Bantu Percepat Tes Usap

BY/DG/YH/N-2 | Nusantara
Sampoerna Bantu Percepat Tes Usap

ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat.

 

KEINGINAN Ridwan Kamil mempercepat jangkauan pemeriksaan tes usap di wilayahnya mendapat sambutan peng­usaha. Kemarin, Gubernur Jawa Barat itu menerima sumbangan peranti tes usap berupa mesin berteknologi reaksi rantai polimerase (PCR) lengkap.

Bantuan berasal dari PT HM Sampoerna. Selain untuk Pemprov Jawa Barat, satu mesin yang sama juga disumbangkan untuk Pemkab Karawang.

“Donasi seperti ini ialah bentuk bela negara,” ujar Emil, di rumah dinasnya, Gedung Pa­kuan, di Bandung, kemarin.

Sementara itu, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengaku mesin PCR sangat dibutuhkan di wilayahnya. “Semoga kebaikan yang dilakukan Sampoerna bisa menular ke pihak lain.”

Direktur Sampoerna Elvira Lianita menyatakan mesin PCR yang didedikasikan untuk te­naga medis dan warga Jabar itu mampu memeriksa lebih dari 60 spesimen covid-19 per jam. “Sampoerna berkomitmen membantu dan mendukung pemerintah karena kami juga berusaha di Jabar.”

Sampoerna telah menyerahkan tujuh mesin PCR sejak Agustus lalu. Sebelumnya, mesin yang sama diserahkan ke Pasuruan, Malang, Surabaya, Pemprov Jatim dan Institute of Tropical Disease Unair Surabaya.

Di sisi lain, kabar baik bagi tenaga medis juga bertiup dari Kota Cimahi. Pemerintah akhirnya menggulirkan dana total sebesar Rp3,8 miliar sebagai dana insentif bagi tenaga medis, untuk kerja keras mereka selama Maret, April dan Mei.

“Dana sudah dicairkan untuk tenaga medis dinas kesehatan, puskesmas, dan RSUD Cibabat,” kata Kabid Kesehatan Masyarakat Cimahi, Dikke Suseno.

Sementara itu, Pemkab Agam, Sumatra Barat, mengusulkan 7.610 UMKM untuk menjadi penerima bantuan langsung tunai. (BY/DG/YH/N-2)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Satgas Covid Sikka Mulai Tertutup kepada Wartawan

👤Gabriel Langga 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:50 WIB
SATGAS Covid-19 Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, mulai tertutup kepada wartawan. Padahal semula,sangat terbuka memberikan informasi...
DOK MI

Wakil Wali Kota Kupang Positif Covid-19

👤Palce Amalo 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:11 WIB
Wakil Wali Kota Kupang positif...
Dok Lion Parcel

Bantuan Bagi Korban Gempa di Mamuju dan Majene Terus Mengalir

👤Widhoroso 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:02 WIB
Bantuan bagi korban gempa di Mamuju dan Majene terus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya