Selasa 11 Agustus 2020, 19:30 WIB

Pantang Menyerah Demi untuk Bahagiakan Orang Tua

Mediaindonesia.com | Nusantara
Pantang Menyerah Demi untuk Bahagiakan Orang Tua

Dok.Ist
Mega Dwi Cahyani menjadi salah satu anak muda yang sukses meniti karier di dunia maya.

 

BANYAK orang sukses di dunia ini yang memulainya dari nol. Kuncinya hanya satu, pantang menyerah. Hal itulah yang dialami Mega Dwi Cahyani, kelahiran Purwodadi, 1 September 1999 itu kini dikenal sebagai seorang YouTuber, Selebgram, sekaligus TikTokers.

Di usianya yang cukup muda, kesuksesan Cahya, demikian ia biasa dipanggil, di dunia digital sudah tidak bisa dibantah. Betapa tidak? Ia  sudah meraih Gold Play Button dari YouTube.

Baca juga: Menengok Kiat Sukses Blogger Helena dan Youtuber Juliana

Meski begitu dituturkan pemilik akun YouTube @cahyaniryn semuanya dijalaninya dengan tidak mudah. Ia bercerita, sejak SMA, dirinya memang menyukai dunia fotografi. Dia sering hunting foto untuk kemudian dipajang di akun Instagramnya.

"Main Instagram itu sejak SMA. Seiring waktu, followers saya mulai banyak. Nah, saat lulus SMA, ada keinginan untuk kuliah, tapi karena orang tua hanya berprofesi sebagai petani, mereka tidak punya uang untuk biaya kuliah. Akhirnya, saya harus menghapus cita-cita kuliah," tutur Cahya.

Ia pun lalu bekerja di sebuah konter HP dan sempat berpindah-pindah kerja, dari SPG perusahaan roti hingga bekerja di salon. "Nah, saat itu dari Instagram juga sudah mulai dapat penghasilan dari endorse. Seiring berjalannya waktu, saya putuskan untuk masuk ke Youtube."

Diakuinya  masuk ke YouTube lantaran terinspirasi dari Sarah Viloid, salah satu YouTuber Gaming sukses di usia muda. Dia, kata Cahya, bisa membangun rumah orangtuanya, kendaraan, dan lainnya. "Mulailah saya membuat konten. Awalnya konten saya di gaming, main mobile legend. Karena saya sejak awal memang suka main game," ungkapnya.

Namun kontennya tersebut tidak mendapatkan sambutan yang baik. "Wah, banyak banget yang hujat. Ada yang bilang sok cantik lah, kecentilan, modal muka doang. Mainnya noob lah. Jujur, dulu saya pernah down dengan perkataan dari netizen."

Namun tekadnya untuk sukses masih lebih besar, hingga seiring waktu jumlah subscriber-nya terus naik. Di saat bersamaan, followers Instagramnya pun makin bertambah.  "Dari sana saya mendapat tawaran kontrak aplikasi LIKEE. Saya senang banget, karena gajinya lumayan. Setelah itu, saya juga mendapatkan kontrak di aplikasi JOOX. Saya juga pernah menang challenge di aplikasinya dan dapat hadiah HP. Saya jual HP-nya, uangnya dipakai buat sewa bis untuk jalan-jalan sekeluarga besar ke Yogyakarta."

Pada akhir 2018, Cahya berangkat ke Jakarta karena ada meet up aplikasi LIKEE. Seminggu di Jakarta, ia berencana langsung kembali pulang ke kampung. Namun niat itu urung, karena dia mendapatkan tawaran syuting FTV. "Ketemu orang dan diajakin jadi artis, ternyata perannya hanya disuruh lewat saja di FTV. Karena memang saya belum paham dunia film, jadi ikut aja. Setelahnya, saya coba ikut casting, tidak pernah lolos juga. Malah disuruh bayar untuk beli peran, saya tidak mau."

Sulit menembus dunia film, Cahya pun memutuskan untuk fokus di YouTube dan Instagram. Selain itu, ia juga mencari keberuntungan dari aplikasi lain yang tengah viral, TikTok. Tak disangka, karena seringnya main TikTok, semakin banyak yang mengenal Cahya. Hingga kebanyakan orang sekarang mengenal Cahya sebagai artis TikTok, meskipun lebih dulu masuk di YouTube dan Instagram.

Saat ini akun @cahyaniryn  followers-nya bertengger di urutan kedua terbanyak di Indonesia dengan jumlah 7,8 juta pengikut. Sementara subscribers YouTube-nya telah mencapai 2,8 juta, dan Instagram berjumlah 1,5 juta.

"Alhamdulillah, uang dari YouTube dan endorse bisa buat membangun rumah orang tua. Saya bongkar rumah lama dan dibangun lagi jadi bikin dua rumah. Bisa beli kendaraan tunai, beli tanah. Ke depan targetnya ingin mengumrohkan dan menghajikan orang tua," tuturnya.

Sebagai seorang YouTuber, Cahya juga menginspirasi kakak dan adiknya untuk ikut terjun ke dunia YouTube. Kakaknya Ulfatin Naimah dan adiknya Mutiara Fitriani saat ini aktif di YouTube dan Instagram. Mutiara sendiri cukup sukses dengan 190 ribu subscribers YouTube dan 830 ribu followers di Instagram.

"Saya selalu mencoba hal baru. Jangan menyerah, hidup itu harus ada target, dan terus berusaha mencapai target itu. Sebab, usaha tidak akan mengkhianati hasil," tegasnya. (A-1)

Baca Juga

DOK MI

Babel Fokus Tangani Stunting di Tiga Kabupaten

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Selasa 13 April 2021, 19:13 WIB
PEMERINTAH Provinsi Bangka Belitung (Babel) terus berupaya menurunkan  angka stunting khususnya di tiga kabupaten yaitu Bangka Selatan...
innovativegenomics.org

Libur Panjang, Pasien Covid-19 di Cianjur Meningkat

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 18:45 WIB
Angka penularan terlihat bertambah dari jumlah pasien di ruang isolasi RSUD Cianjur yang sebelumnya tinggal puluhan orang menjadi 175...
Humas Pemkab Tuban

Pemkab Tuban Minta Pusat Percepat Proyek Pengendali Banjir

👤M Yakub 🕔Selasa 13 April 2021, 18:37 WIB
PEMERINTAH Kabupaten Tuban, Jawa Timur meminta Pemerintah Pusat melakukan percepatan pelaksanaan sejumlah proyek pengendali banjir di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya