Sabtu 02 Mei 2020, 13:48 WIB

Peringati Hardiknas, Pemprov Jatim Luncurkan Game Edukasi Covid-1

RO/Micom | Nusantara
Peringati Hardiknas, Pemprov Jatim Luncurkan Game Edukasi Covid-1

istimewa
Pemprov Jatim luncurkan game tentang Covid 19.

 

PEMERINTAH Provinsi Jawa Timur meluncurkan game edukasi berjudul "Dawn of Civilization: Solve Corona" bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, Sabtu (2/5).

Dengan game ini diharapkan siswa sekolah dapat memahami seluk beluk Covid-19, namun dengan cara yang lebih menyenangkan. Game tersebut merupakan hasil kolaborasi Pemprov Jatim bersama para relawan pelajar Indonesia di luar negeri yang tergabung dalam Nusantara Innovation Forum yang berpusat di Inggris dan Solve Education yang berpusat di Singapura.

Berbeda dari game kebanyakan, game ini mengajak para pemainnya untuk belajar tentang Covid-19 secara interaktif, menangkal hoaks, dan gotong royong membantu masyarakat dan tenaga medis dari rumah.

Tidak cuma itu, perolehan skor pemain nantinya akan dikonversi menjadi sembako atau alat pelindung diri (APD), yang selanjutnya disumbangkan menjadi shodaqoh kepada keluarga dan tenaga medis yang membutuhkan.

"Jadi, semakin besar skor yang diperoleh, semakin banyak sumbangan yang akan didistribusikan. Sumbangan tersebut juga merupakan hasil gotong royong dari berbagai organisasi masyarakat dan donatur yang tergabung dalam program ini," ungkap Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Sabtu (2/5).

Khofifah mengatakan, game tersebut dirancang untuk siswa sekolah, namun juga dapat dimainkan oleh orang dewasa. Khofifah berharap kemunculan game ini mampu mengurangi rasa bosan siswa sekolah selama masa belajar di rumah.

Apalagi, lanjut Khofifah, berdasarkan survey yang digelar Student Research Center PW IPNU Jatim didapati fakta bahwa sebanyak 88% siswa mengalami kebosanan selama di rumah akibat Covid-19.

"Di masa PSBB ini, tentunya game ini akan membantu siswa untuk belajar dengan lebih menyenangkan dan terbebas dari kebosanan. Siswa dapat belajar memahami pandemi COVID-19,  menangkal penyebaran hoaks, maupun belajar Bahasa Inggris sambil tetap berada di rumah,"papar Khofifah.

"Game ini juga tidak menguras kuota internet karena bisa dimainkan secara offline. Justru dengan bermain game ini, siswa juga terbantu karena berkesempatan memenangkan pulsa," tambah dia.

Khofifah mengatakan, game tersebut tersedia dalam versi windows maupun versi Android. Game ini dapat dengan mudah diunduh melalui sub menu Game Edukasi COVID-19 di website Pemprov Jatim http://infocovid19.jatimprov.go.id atau melalui Google Playstore dengan kata kunci Dawn of Civilization. (J-1)

Baca Juga

Antara

Survei: Pasangan Jarot-Mokhlis Unggul di Pilkada Sumbawa

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 22:55 WIB
Pasalnya, pasangan ini terus mengalami kenaikan sampai teratas hingga menyalip elektabilitas Moh-Novi yang mengalami stagnasi...
Ist

Beri Solusi, Pengamat Nilai Machfud Arifin-Mujiaman Menang Debat

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 22:37 WIB
Prof.Kacung Marijan juga mengatakan jika paslon Machfud Arifin-Mujiaman memiliki solusi nyata untuk mengatasi berbagai persoalan warga Kota...
MI/Heri Susetyo

Memasuki Minggu Tenang, Operasi Masker Gencar Dilakukan

👤Heri Susetyo 🕔Sabtu 05 Desember 2020, 22:25 WIB
Selama minggu tenang Kapolres Sidoarjo mengajak masyarakat menjaga keamanan dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya