Sabtu 20 Februari 2016, 22:41 WIB

Istri Lebih Banyak Ajukan Cerai di Medan

MTVN | Nusantara
Istri Lebih Banyak Ajukan Cerai di Medan

Ilustrasi

 

JUMLAH istri yang mengajukan gugatan cerai lebih banyak ketimbang suami. Data itu didapat di Pengadilan Agama Medan Kelas I A, Sumatra Utara.

Sepanjang 2015, pengadilan menangani 2.662 kasus perceraian. Sebanyak 1.849 gugatan cerai dilayangkan istri pada suami.

"Hanya 523 kasus cerai talak yang diajukan suami kepada istri," kata Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Medan Kelas I A, Jumri Siregar, Jumat (19/2)

Menurut Jumri, Pengadilan mengabulkan 2.159 gugatan perceraian. Selebihnya, pengadilan menolak gugatan karena penggugat tak mampu membuktikan dasar perceraian.

Jumri menjelaskan sebagian besar alasan perceraian karena suami dianggap tak bertanggung jawab. Alasan itu berkaitan dengan masalah ekonomi, ketidakharmonisan rumah tangga, gangguan pihak ketiga, hingga kekerasan.

"Bahkan ada kasus yang saya tangani, perceraian terjadi lantaran suaminya tidak mau diajak ke rumah orangtua si istri. Selain itu, ada juga istri yang menggugat suami karena istri tidak suka kalau sang suami memberi uang ke orangtua si suami. Nah dari sinilah kerap terjadi cekcok," urainya.

Karena itu, katanya, jika terjadi masalah dalam pernikahan, hendaklah diselesaikan dengan baik-baik dan dikembalikan ke agama. (X-2)

Baca Juga

Ist

Komitmen Hasnur Group Menjalankan Bisnis Berkelanjutan 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 20 Agustus 2022, 05:30 WIB
Presiden Direktur Hasnur Group Jayanti Sari, Hasnur Group merespons tuntutan global agar dapat menjaga kenaikan suhu bumi tidak...
DOK MI

Ratusan Titik Panas Bertebaran di Babel

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:52 WIB
RATUSAN titik panas atau hotspot yang diduga dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terpantau satelit di Bangka Belitung (Babel), Jumat...
DOK MI

DCF 2022 Digelar 2-4 September

👤Lilik Darmawan 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:46 WIB
SETELAH digelar secara virtual karena pandemi Covid-19, ajang Dieng Culture Festival (DCF) 2022 akan dilaksanakan secara tatap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya