Kamis 06 Februari 2020, 23:20 WIB

Gempa di Mianggas Dipicu Lempeng Laut Filipina

Retno Hemawati | Nusantara
Gempa di Mianggas Dipicu Lempeng Laut Filipina

Ilustrasi
Gempa di Mianggas, Sulawesi Utara

 

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan wilayah Pulau Miangas, Sulawesi Utara, dan sekitarnya yang diguncang gempa tektonik dengan magnitudo M 6,1 pada hari Kamis malam pukul 20.40 WIB, dipicu subduksi Lempeng Laut Filipina.

"Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, dugaan kuat gempa ini dipicu oleh aktivitas subduksi Lempeng Laut Filipina di zona megathrust," kata Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan resmi yang diterima Antara di Jakarta, Kamis (6/2).

Hasil analisis BMKG menunjukkan, episenter terletak pada koordinat 5,54 LU dan 126,58 BT tepatnya di laut pada jarak 2 kilometer arah baratdaya Pulau Miangas, Sulawesi Utara, pada kedalaman 36 kilometer.

Gempa tersebut dirasakan cukup kuat di Pulau Miangas dalam skala intensitas IV MMI menyebabkan banyak warga lari berhamburan keluar rumah.

Sementara itu di Kepulauan Talaud, Melonguane, dan Tahuna guncangan gempa dirasakan dalam skala intensitas II-III MMI membuat warga terkejut akibat guncangan yang terjadi secara tiba-tiba.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan akibat gempa, sementara hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Hasil monitoring BMKG juga menunjukkan bahwa gempa ini diikuti dua kali gempa susulan dengan magnitudo M 4,9 dan M 4,7. (Ant/OL-12)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Asap Gunung Merapi Membubung Hingga 300 Meter

👤Agus Utantoro 🕔Senin 25 Januari 2021, 08:19 WIB
Sehubungan dengan masih tingginya aktivitas vukanik Gunung Merapi, masyarakat diminta tetap mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi...
MI/Denny S

906,8 Kilometer Jalan di Kalsel Rusak Akibat Banjir

👤Denny Susanto 🕔Senin 25 Januari 2021, 08:08 WIB
"Kerusakan akibat bencana banjir dan longsor ini cukup besar. Penanganan tanggap darurat dan rekontruksi pasca bencana menjadi...
ANTARA/Bayu Pratama S

Bencana Hidrometeorologi Masih Mengancam Kalsel

👤Denny Susanto 🕔Senin 25 Januari 2021, 07:23 WIB
"Di waktu-waktu ke depan, pada Juni, curah hujan tinggi akan terjadi di wilayah sisi timur Pegunungan Meratus, sehingga masyarakat di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya