Kamis 04 Februari 2016, 17:11 WIB

Jatim Berharap Tol Suramadu Bisa Gratis

Faisol Taselan | Nusantara
Jatim Berharap Tol Suramadu Bisa Gratis

Antara/Didik Suhartono

 

PEMERINTAH menurunkan tarif tol Jembatan Suramadu sebesar 50 persen untuk semua kendaraana. Namun, belum diketahui kapan akan mulai diberlakukan. Tarif tol Suramadu saat ini untuk truk berat sebesar Rp90 ribu, truk sedang Rp60ribu dan mobil pribadi Rp30 ribu.

"Keputusan Presiden Jokowi turun 50 % untuk semua kendaraan, hanya saja hingga kini belum tahu kapan diberlakukan. Saya berharap tarif baru itu dapat diberlakukan pertengahan Februari atau paling lambat awal Maret mendatang," kata Gubernur Jatim Soekarwo di Surabaya, Kamis (4/2).

Dalam rapat terbatas di Istana Negara, Presiden Jokowi memutuskan menurunkan tarif Tol Jembatan Suramadu 50 persen untuk semua jenis kendaraan. Sebelumnya untuk sepeda motor sudah tidak dipunggut biaya masuk atau gratis.

Namun, Gubenur Soekarwo pernah menyampaikan mengusulkan agar semua jenis kendaran gratis. Namun dalam rapat kabinet akhirnya disepakati untuk memangkas tarif 50%. "Ini sudah sangat bagus dari usulan saya agar digratiskan," katanya.

Gubernur menyambut gembira keputusan itu. Dijelaskan, dasar keputusan Presiden menurunkan tarif itu dan tidak menggratiskannya karena pemerintah masih memiliki beban utang pada Tiongkok untuk pembangunan jembatan Suramadu.

Selain itu, pemasukan juga diperlukan untuk biaya perawatan dan pemeliharaan setiap harinya. Namun pihaknya masih berharap tarif tol itu dapat digratiskan pada tahun-tahun mendatang.

Gubernur berharap dengan penurunan tarif ini dapat menurunkan biaya distribusi barang sehingga perekonomian di Madura dapat semakin baik. (OL-2)

Baca Juga

dok.ist

Pujakesuma Nilai Ganjar Konsisten Rawat Seni Budaya Bangsa

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 21:45 WIB
ORGANISASI Pujakesuma menilai Ganjar Pranowo selalu memperhatikan nasib para pelaku seni di wilayahnya dan selalu terbuka dalam diskusi...
dok.Ant

Harga Cabai Rawit Di Bangka Masih Bertengger Rp97 Ribu Perkilo

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:57 WIB
HARGA cabai rawit di pulau Bangka Provinsi Bangka Belitung (Babel) masih tergolong tinggi, meski  sudag turun tetap tinggi dibanding...
dok.ist

OMG Jatim Beberkan Alasan Dukung Ganjar Pranowo Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 20:53 WIB
RIBUAN anak muda  gabungan dari  Kabupaten/ Kota Mojokerto, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Lamongan sepakat ikut serta dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya