Kamis 16 April 2015, 00:00 WIB

Warga Kecewa, Ganti Rugi belum Cair

MI | Nusantara
Warga Kecewa, Ganti Rugi belum Cair

ANTARA/SURYANTO

 
WARGA korban lumpur Lapindo di dalam peta areal terdampak merasa kecewa karena ganti rugi yang seharusnya sudah diterima kembali molor. Mereka berharap pada pemerintah agar ganti rugi tersebut sudah dicairkan paling lambat akhir April atau awal Mei tahun ini.

"Kami sudah lima tahun menunggu pembayaran ganti rugi. Setelah diputuskan dana akan ditalangi oleh pemerintah, kami berharap dana bisa disalurkan April atau awal Mei ini," kata Sulastri, korban, kemarin.

Dia menambahkan, uang ganti rugi akan segera digunakan untuk membangun rumah baru di tempat lain. Sebagian warga korban Lapindo saat ini hidup mengontrak rumah dan sebagian lagi bertahan di desa meski berisiko terkena luberan lumpur.

Ganti rugi warga korban lumpur Lapindo dalam peta areal terdampak seharusnya sudah dilunasi oleh PT Minarak Lapindo Jaya pada 2010 lalu. Namun, pembayaran ganti rugi itu molor bertahun-tahun karena perusahaan milik Bakrie Group itu sudah tidak mempunyai dana. Upaya mereka mengajukan utang ke bank pun tidak membuahkan hasil. Saat ini, kewajiban ganti rugi yang masih harus mereka selesaikan mencapai Rp781 miliar.

Pemerintah sudah memutuskan untuk mengambil alih pembayaran ganti rugi dengan cara menalanginya. Namun, sampai kemarin, pembayaran ganti rugi masih terkendala proses verifikasi yang dilakukan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan.

Sebelumnya warga mendapat informasi pembayaran ganti rugi bisa cair Januari-Maret. Namun, sampai April, dana belum turun. (HS/N-3)

Baca Juga

ANTARA/Andreas Fitri

Gubernur DIY Terima Bintang Tanda Jasa dari Kaisar Jepang

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:10 WIB
Tanda jasa itu diserahkan oleh Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji kepada Sri Sultan, disaksikan GKR Hemas bersama...
Dok. Pribadi

Legislator : Puncak Jaya Harus Masuk DOB Papua Pegunungan Tengah, Bukan Papua Tengah

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:52 WIB
Agus menegaskan keputusan tersebut tidak tepat karena secara rentang kendali dan kemudahan akses, Kabupaten Puncak Jaya lebih tepat masuk...
ANTARA

1.400 Sapi Di Kuningan Telah Divaksin PMK

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:05 WIB
RIBUAN sapi di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sudah mendapatkan vaksinasi untuk pencegahan penyakit mulut dan kaki...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya