Kamis 15 Agustus 2019, 11:58 WIB

Aktivitas Gunung Slamet Meningkat

Akhmad Safuan | Nusantara
Aktivitas Gunung Slamet Meningkat

MI/Akhmad Safuan
Gunung Slamet

 

AKTIVITAS Gunung Slamet yang berada di lima daerah di Jawa Tengah yakni Kabupaten Pemalang, Banyumas, Brebes, Tegal dan Purbalingga mengalami
peningkatan dibanding sebelumnya. Meskipun belum membahayakan warga yang tinggal di lereng dengan ketinggian 3.432 meter di atas permukaan air laut (mdpl) tersebut.

Laporan dari petugas di Pos Pengamatan Gunung Api Slamet di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Kamis (15/8) dini hari, disebutkan terjadi peningkatan aktivitas Gunung Slamet. Terlihat ketinggian asap yang keluar dari kawah Gunung Slamet mencapai 50 meter atau lebih tinggi dua kali lipat dari sehari sebelumnya setinggi 25 meter.

"Iya aktivitas gunung hari ini meningkat dibanding sebelumnya,"kata Sukedi, petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Pos Pengamatan Gunung Api Slamet di Desa ‎Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang.

baca juga: KA Galunggung Anjlok di Stasiun Bumiwaluya

Peningkatan aktivitas gunung, lanjut Sukedi, selain ketinggian asap dari kawah, juga gempa hembusan mengalami peningkatan terjadi sebanysk 321 kali gempa hembusan dengan amplitudo 3 sampai 24 milimeter yang berdurasi 15 sampai 60 detik. Gempa hembusan ini, ujar Sukedi, meningkat dibanding sehari sebelumnya, yakni dalam kurun waktu yang sama sebanyak 116 kali dengan amplitudo 2 hingga 17 milimeter yang berdurasi 15 sampai 50 detik.

"Gempa tremor hari ini terjadi satu kali dalam kurun waktu 6 jam dengan amplitudo 0,5 hingga 2 milimeter," lanjutnya. (OL-3)

 

Baca Juga

DOK MI

Kasus Positif dan Sembuh Covid-19 di DIY Hampir Sama

👤Agus Utantoro 🕔Rabu 14 April 2021, 07:51 WIB
Penambahan kasus posiif covid-19 di Daerah Istmewa Yogyakarta sebanyak 232 kasus setara dengan jumlah kasus...
MI/Alexander P Taum

Mentan Gandeng Keuskupan Larantuka Bantu Korban Banjir NTT

👤Alexander P Taum 🕔Rabu 14 April 2021, 07:38 WIB
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi para korban banjir bandang di NTT melalui Keuskupan...
MI/Djoko Sardjono

PPKM Mikro di Klaten, Kasus Covid-19 Tidak Turun

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 14 April 2021, 06:57 WIB
Saat ini, Klaten zona oranye penyebaran covid-19. Meski sudah dijalankan PPKM Mikro, kasus covid-19 terus...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya