Senin 15 April 2019, 23:15 WIB

KLHK Fasilitasi Pengelolaan Sampah

(BY/N-3) | Nusantara
 KLHK Fasilitasi Pengelolaan Sampah

MI/M Irfan
MEenteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya

 

MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, meresmikan fasilitas pengelolaan sampah di enam kabupaten/kota di Jawa Barat. Peresmian dilakukan secara simbolis di Desa Jelekong, Baleendah, Kabupaten Ban­dung, Senin (15/4).

Turut hadir dalam acara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) serta seluruh kepala daerah yang wilayah mereka teraliri Su­ngai Citarum.

Siti menjelaskan, pembangunan fasilitas pengelolaan sampah di enam daerah tersebut ialah sebagai bentuk tanggung jawab dan partisipasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan  (KLHK) dalam mendukung program Citarum Harum.

Dengan hadirnya sarana itu, lanjutnya, diharapkan mampu mengurangi produksi sampah, termasuk yang terbuang dan mengotori sungai terpanjang di Jawa Barat tersebut.

Adapun sarana yang dibe rikan terbagi dalam dua jenis, yakni pusat daur ulang (PDU) sampah di Kota Ban­dung, Cimahi, dan Kabupaten Bandung, serta bank sampah induk (BSI) di Kabupaten Bandung, Subang, Karawang, Kota Bandung, Cimahi, dan Bekasi.

Dengan menelan anggaran total sebesar Rp12 miliar, pembangunan fasilitas itu diharapkan bisa menekan jumlah produksi sampah hingga 51 ton setiap hari.

Dia menjelaskan, PDU sampah di tiga daerah itu, memiliki kapasitas antara 10-30 ton setiap hari. Selain mampu mendaur ulang sampah kering seperti plastik dan kertas, mesin pencacahnya pun mampu mengubah sampah basah menjadi kompos. (BY/N-3)

Baca Juga

ANTARA/Fransisco Carolio

Polda Sumut Sita Rp158,8 Miliar Aset Apin BK

👤Yoseph Pencawan 🕔Kamis 01 Desember 2022, 17:53 WIB
Kapolda mengatakan, pihaknya secepatnya akan melengkapi berkas perkara TPPU yang tersangkanya Joni alias Apin...
MI/Agus Utantoro

Depan Rumah Erina Gudono di Sleman mulai Dipasang Tenda dan CCTV 

👤Agus Utantoro (MGN), Muhardi (SB) 🕔Kamis 01 Desember 2022, 17:51 WIB
SEJUMLAH persiapan terus dilakukan jelang pernikahan Putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, yang akan menikahi gadis asal Sleman,...
ANTARA/Novrian Arbi

Terdata 317 Hektare Sawah Rusak Terdampak Gempa Cianjur

👤Benny Bastiandy 🕔Kamis 01 Desember 2022, 17:36 WIB
Lokasi areal sawah yang rusak berat berada di Kecamatan Cianjur seluas 5 ha dan di Kecamatan Cugenang seluas 74 ha. Di Kecamatan Cianjur...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya