Kamis 07 Februari 2019, 11:45 WIB

BNNK Brebes Gelas Tes Urine, Dua Petugas Lapas Positif

Supardji Rasban | Nusantara
BNNK Brebes Gelas Tes Urine, Dua Petugas Lapas Positif

MI/Supardji Rasban

 

BADAN Narkotika Nasional Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menggelar tes urine di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Brebes, Rabu (6/1). Sebanyak 48 pegawai Lapas dites urine, termasuk kepala Lapas. Dari hasil tes urine tersebut, dua orang dinyatakan positif.

Namun, setelah dilakukan konfirmasi, kedua petugas Lapas tersebut sedang mengkonsumsi obat resep dari dokter. Untuk mengantisipasi peredaran narkoba di dalam Lapas, petugas meningkatkan penjagaan dan pemeriksaan terhadap warga yang berkunjung/besuk.

Kepala Lapas/ Kalapas Bbrebes, Malik menyampaikan tes urine dilakukan karena saat ada 60% dari seluruh penghuni Lapas sebanyak 307 orang merupakan kasus narkoba

"Tes urine menyasar  para petugas dan pegawai Lapas karena dalam pemberantasan peredaran narkoba dalam Lapas harus diawali dari para pegawai atau petugas lapas bersih dulu dari jaringan perdaran  narkoba," ujar Maliki.

Baca juga: Polda Sulteng Sita Ribuan Kosmetik Ilegal

Selain tes urine, BNN Brebes juga menggelar sosialisasi pengenalan berbagai macam jenis narkoba.

"Tujuannya agar para petugas Lapas bisa mengenali manakala ada pembesuk yang akan menyelundupkan narkoba ke dalam Lapas," terang Maliki.

Hasilnya, dua orang petugas Lapas Kelas II B tersebut dinyatakan positif.

"Dalam pemeriksaan tes urine ini terdapat kandungan zatbenzodiazepine atau sejeenis psikotropika," ujar BNN Brebes Atmo Tan Sidik.

Namun, menurut Atmo, setelah petugas BNN Kabupaten Brebes melakukan konfirmasi, kedua petugas lapas tersebut sedang mengonsumsi obat resep dari dari dokter.

"Ya kami mengonfirmasi dua orang bersangkutan," ucap Atmo.

Untuk mengantisipasi peredaran narkoba di dalam Lapas Brebes itu, petugas memperketat penjagaan terhadap warga yang berkunjung ke Lapas.

Seluruh barang bawaan  pembesuk digeledah dan diperiksa. Tidak hanya itu, petugas juga memeriksa barang bawaan yang tersimpan di dalam baju maupun celana. (OL-2)

Baca Juga

ANTARA/MUHAMMAD BAGUS KHOIRUNAS

Kampung Sayur di Yogyakarta Diperluas

👤Ardi Teristi 🕔Rabu 19 Januari 2022, 18:45 WIB
Target pemerintah adalah meningkatkan jumlah kalori yang di konsumsi masyarakat Kota Yogyakarta sebanyak 2.500 kalori per...
MI/Tosiani

Harga Minyak Goreng di Palu Masih Mahal

👤M. Taufan SP Bustan 🕔Rabu 19 Januari 2022, 17:55 WIB
Harga minyak goreng kemasan saat ini di Palu bertahan di harga Rp40 ribu per kilo gram dari harga sebelumnya Rp30 ribu per kilo...
MI/Ardi Teristi

Relokasi PKL Malioboro Jalan Terus

👤Ardi Teristi 🕔Rabu 19 Januari 2022, 17:41 WIB
SEKDA DIY, Kadarmanta Baskara Aji menegaskan relokasi PKL Malioboro tetap berjalan sesuai rencana. Ia menegaskan, pihaknya tidak masalah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya