Sabtu 26 Januari 2019, 16:01 WIB

Cegah DBD, Ganjar Ingatkan Sekolah Waspadai Genangan Air

Widjajadi | Nusantara
Cegah DBD, Ganjar Ingatkan Sekolah Waspadai Genangan Air

MI/WIDJAJADI

 

GUBERNUR Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengingatkan seluruh sekolah di wilayahnya untuk mewaspadai genangan atau tampungan air yang menjadi tempat berkembangnya nyamuk aedes aegypti.

"Saya sudah buat surat edaran ke daerah terkait demam berdarah (DBD) di Jawa Tengah, agar ada jumantik di setiap keluarga. Lalu kepada sekolah juga harus waspada, karena di lingkungannya pada musim hujan banyak genangan, tampungan air, yang menjadi sarang nyamuk. Terutama pada pagi hingga siang hari, yang menjadi waktu nyamuk itu mengancam anak-anak," tegas Ganjar menjawab Media Indonesia usai memimpin rakor kepala daerah yang menjadi bagian kader partai koalisi pemenangan Jokowi-Amin, di Solo, Sabtu (26/1) siang.

Menurut dia, persoalan sebaran demam berdarah menjadi perhatian serius Pemprov Jateng bersama 35 daerah di provinsi ini, seiring dengan kasus KLB DBD di kabupaten Sragen.

Baca juga: Cegah DBD, Klaten Intensifkan Program RW Sehat

Dalam kasus DBD di Kabupaten Sukowati, memunculkan tiga korban penderita meninggal dunia dan hampir 400 warga terpapar, kini dalam perawatan. Untuk itu, pemkab telah membentuk Posko Penanggulangan DBD dari tingkat desa, kecamatan sampai kabupaten.

"Jadi semua serius, keroyokan untuk memberantas sarang nyamuk secara bersama, agar sebaran bisa ditekan dan tidak lagi muncul korban baru. Setiap keluarga harus memiliki satu jumantik, sehingga kebersihan terjaga, genangan air tidak ada lagi," imbuh gubernur berambut putih itu.

Daerah, lanjut Ganjar, harus terus melakukan sosialisasi kepada warga pada musim hujan yang memantik pertumbuhan jentik-jentik nyamuk.

"Pokoknya harus dikeroyok ramai-ramai, gerakan PSN harus masif, dan jumantik harus lebih berdaya," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/Adi-HO

GMP Gelar Festival Bangkitkan Pariwisata di Pangandaran

👤Adi Kristiadi 🕔Senin 03 Oktober 2022, 09:35 WIB
RELAWAN Ganjar Muda Padjajaran (GMP) menggelar festival bertema 'Pariwisata Pulih, Indonesia Bangkit' di Lapangan Tol Grand...
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

SKI: Usut Pemicu Terjadinya Korban Jiwa dalam Tragedi Kanjuruhan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 09:18 WIB
SKI mendorong agar pemerintah melakukan pengusutan yang transparan dan tuntas mengenai penyebab terjadinya korban jiwa yang besar dalam...
MI/HO

Saga Esports Gelar Turnamen PUBGM di Kabupaten Belitung

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 09:03 WIB
Turnamen PUBG Mobile Saga Esports sudah memasuki minggu ke-18. Hal itu membuktikan bahwa Sahabat Ganjar konsisten memberikan wadah kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya