Kamis 10 Januari 2019, 14:10 WIB

Siswa Jakarta Belajar Seni Budaya di Omah Wayang Klaten

Djoko Sardjono | Nusantara
Siswa Jakarta Belajar Seni Budaya di Omah Wayang Klaten

MI/Djoko Sardjono

 

SISWA SMA Negeri 60 Jakarta mengadakan kegiatan ekstrakulikuler di Sanggar Kebon Omah Wayang Jombor,  Klaten Selatan, Jawa Tengah, 10-11 Januari 2019.

Dari laporan pihak panitia sekolah, tujuan diadakan kegiatan ekstrakulikuler untuk mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuan anak didik di bidang nonakademik.

Dalam kegiatan nonpelajaran formal tersebut, para siswa diajarkan tatah sungging wayang kulit, membuat topeng dan jablak, serta seni tari dan karawitan.

"Sebanyak 21 siswa asal Jakarta itu antusias mengikuti pembelajaran seni budaya di Omah Wayang," kata Joko Krisnanto, pengelola sanggar tersebut, Kamis (10/1).

 

Baca juga: Hari Wayang Tonggak Penting untuk Upaya Pelestarian

 

Bahkan, Zahra Muthia, siswa kelas 11, menyatakan senang bisa mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di bidang seni budaya Jawa. Karena, banyak manfaatnya.

"Jelas, melalui kegiatan nonpelajaran formal ini dapat membentuk karakter, bakat, dan kemampuan siswa yang selama ini seakan terabaikan," ujarnya.

Sanggar Omah Wayang Jombor, Klaten Selatan, itu juga mengelola kegiatan pelatihan dan pendidikan bidang seni tari, sinden, karawitan, dan dalang anak. (OL-3)

Baca Juga

DOK MI

Ribuan UMKM Tumbuh Di Lamongan Selama Pandemi Covid-19

👤M Yakub 🕔Jumat 30 September 2022, 22:28 WIB
PEMKAB Lamongan, Jawa Timur menyatakan sebanyak 3.015 pengusaha di wilayahnya memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui Sistem Online...
Dok. KEIND

Menkominfo, Menparekraf, dan Gubernur Jateng akan Hadir di Rakernas Perdana KEIND di Solo

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 22:02 WIB
Rapat Kerja yang juga dibarengi dengan acara Entrepreneur Summit ini telah mengundang lebih dari 3.000 UMKM dari seluruh Indonesia yang...
DOK Pribadi.

Rumah Pejuang Kanker Peroleh Bantuan Sicepat dan Indonesia Bisa

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 22:00 WIB
Rumah Pejuang Kanker Ambu yang berdiri sejak 2009 terus berkembang sehingga kini yayasan itu memiliki empat rumah kanker di Jalan Bijaksana...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya