Kamis 03 Januari 2019, 17:39 WIB

Calon Menantu Paku Alam X Jalani Proses Nyantri

Antara | Nusantara
Calon Menantu Paku Alam X Jalani Proses Nyantri

ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

 

CALON menantu Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam X, Maya Lakshita Noorya, menjalani nyantri atau mempelajari adat istiadat di lingkungan Istana Puro Pakualaman sebelum melangsungkan akad nikah bersama BPH Kusumo Bimantoro pada, Sabtu (5/1) mendatang.

Tim Pranata Lampah-lampah Dhaup Ageng, Mas Ngabei Citro Panambang, di Kompleks Puro Pakualaman, mengatakan Maya Laksita yang berasal dari luar keluarga besar Paku Alaman diharuskan menjalani nyantri selama prosesi nyangker atau pingitan di Kepatihan Puro Pakualaman yang telah dimulai sejak Kamis (3/1) pagi.

Baca juga: Putra Pertama Paku Alam X Siap Lepas Masa Lajang

"Dengan nyantri dia (calon mempelai wanita) bisa beradaptasi dengan lingkungan Pakualaman. Belajar bagaimana kehidupan di Istana Pakualaman," kata Citro Panambang, Kamis (3/1).

Ia mengatakan selama nyantri, Maya Laksita akan melakukan berbagai hal di antaranya tentang unggah-ungguh, serta wawasan bagaimana setelah menjadi menantu di lingkungan Puro Pakualaman.

Maya akan belajar langsung dari keluarga besar Puro Pakualaman didampingi orang tua serta saudara kandungnya. "Mungkin ditemani kerabatnya juga, tetapi yang utama adalah didampingi orang tua dan saudara kandungnya," kata dia.

Sementara itu, calon mempelai putra, Bendara Pangeran Harya (BPH) Kusumo Bimantoro yang merupakan putra sulung KGPAA Paku Alam X juga menjalani prosesi nyangker atau pingitan. Kusumo Bimantoro menjalani pingitan di tempat yang berbeda yakni di Gedong Ijem yang berada di dalam kompleks Pura Pakualaman.

Menurut Citro, kedua mempelai dipingit agar keduanya bisa berkonsentrasi dan siap hingga dipertemukan dalam acara akad nikah pada 5 Januari mendatang. "Supaya lebih siap dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan hingga akad nikah nanti," kata dia.

Acara akad nikah akan dilaksanakan pada Sabtu (5/1) pagi di Masjid Besar Pakualaman yang berada di sisi barat daya Pura Pakualaman.

Setelah itu dilanjutkan dengan rangkaian upacara panggih dan resepsi pernikahan putra Wakil Gubernur DIY itu di Bangsal Sewatama, Puro Pakualaman. Kusumo Bimantoro yang lahir di Yogyakarta pada 10 April 1992 merupakan sulung dari dua bersaudara putra K.G.P.A.A. Paku Alam X dan G.K.B.R.A.A. Paku Alam.

Jenjang pendidikan ditempuhnya di Departemen Arsitektur Fakultas Teknik
Universitas Gadjah Mada (UGM). Sedangkan perempuan yang akan ia persunting yakni Maya Lakhsita Noorya lahir di Sleman pada 27 April 1991. Putri dari Mandiyo Priyo dan Rini Wijayanti ini merampungkan pendidikan tingginya di Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). (Ant/OL-6)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Kader PPP Miliki Kesempatan Sama Maju di Muswil Sumatra Utara

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 16 Mei 2021, 23:15 WIB
"Saya sudah berbicara dengan Ketum (Suharso Monoarfa) agar Sumut menjadi contoh muswil yang aman dan lancar, tidak ada calon titipan...
MI/Widjajadi

Stok Plasma Konvalesen Kosong, PMI Surakarta Ajak Donatur Berdonor

👤Widjajadi 🕔Minggu 16 Mei 2021, 19:19 WIB
PMI Kota Solo menyerukan para pendonor plasma konvalesen (PK) bisa aktif kembali, seiring habisnya stok plasma konvalesen per 15 Mei 2021....
Dok. Humas Pemkab Gowa

Pemkab Gowa Perketat Akses Masuk ke Wisata Alam Malino

👤Lina Herlina 🕔Minggu 16 Mei 2021, 19:15 WIB
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, upaya memperketat wisatawan yang masuk ini dalam rangka menghindari munculnya klaster baru...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya