Kamis 13 Desember 2018, 18:40 WIB

BKSAP DPR RI Dorong Pengembangan Ekonomi Digital

Hillarius U Gani | Nusantara
BKSAP DPR RI Dorong Pengembangan Ekonomi Digital

Ist

 

KELOMPOK Kerja (Panja) Kerja Sama Ekonomi Regional (KER) Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kepulauan Riau, khususnya Kota Batam, Rabu (12/12), sebagai salah satu program kerja.

Dasar pemilihan Provinsi Kepri sebagai daerah tujuan kunker adalah sebagai salah satu daerah terdepan Indonesia, Kepri, khususnya Kota Batam, juga merupakan salah satu provinsi dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat di Indonesia.

Pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di provinsi ini diharapkan akan menjadikan Batam sebagai salah satu lokomotif ekonomi Indonesia. Di samping itu, Batam juga memiliki posisi strategis untuk menjadi pintu gerbang perdagangan dan investasi di tingkat sub-regional.

Delegasi Panja KER BKSAP DPR RI diketuai oleh Juliari Batubara yang merupakan anggota Komisi VI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Selain itu, hadir pula beberapa anggota Panja antara lain Wiryanti Sukamdani, anggota Komisi X Fraksi PDIP, Agustina Wilujeng, anggota Komisi IV Fraksi PDIP, Jerry Sambuaga, anggota Komisi I Fraksi Partai Golkar, Meilani Leimena Suharli, anggota Komisi VI Fraksi Partai Demokrat, Susi Marleny Bachsin, anggota Komisi IV Fraksi Partai Gerindra, Jon Erizal, anggota Komisi XI Fraksi Partai Amanat Nasional, dan Dwita Ria Gunadi, anggota Komisi X Fraksi Partai Gerindra.
 
Kunjungan Panja KER dimaksudkan untuk memastikan bahwa peran pengawasan atas kerja sama ekonomi yang diambil pemerintah agar selalu berpegang pada visi kemandirian ekonomi nasional serta memberikan kontribusi sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat.

Pada kunjungan tersebut, delegasi Panja KER berkesempatan untuk mengunjungi Nongsa Digital Park yang merupakan realisasi dari pengembangan ekonomi digital. Pada 2017 lalu, Indonesia dan Singapura sepakat untuk menandatangani sejumlah kerja sama. Salah satunya pengembangan ekonomi digital di Batam.

Batam menjadi pilihan karena dua pimpinan negara menganggap pulau ini terletak di antara Indonesia dan Singapura. Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Salah satu investor terbesar dan terkemuka di Nongsa Digital Park ialah Infinite Studio milik PT Kinema Systrans Multimedia, sebuah perusahaan nasional yang bergerak di bidang produksi film, animasi, serta konten media digital.

Dalam keterangannya, Ketua Panja KER, Juliari Batubara, mengungkapkan bahwa pemerintah hendaknya dapat lebih intensif mempromosikan potensi yang dimiliki oleh Kota Batam, khususnya Nongsa Digital Park, minimal di kawasan Asia Tenggara.

Hal ini khususnya karena mengingat bahwa Nongsa Digital Park (NDP) diproyeksikan untuk bisa menarik investasi sebesar US$500 juta di bidang industri digital dan startup kreatif yang diharapkan mampu menyerap kesempatan kerja baru bagi 10.000 pekerja.

Pembangunan NDP ini juga merupakan upaya realisasi pemerintah untuk mendukung berkembangnya revolusi industri 4.0 dan menyikapi tren masa depan ekonomi dunia. Lebih jauh lagi, NDP akan dimanfaatkan sebagai 'jembatan digital' kerja sama bilateral dengan sentra ekonomi digital di Indonesia.

Lebih jauh Juliari menjelaskan bahwa saat ini Batam memiliki studio pembuatan film dan animasi yang fasilitasnya sangat baik dan telah berhasil bekerja sama dengan industri perfilman dan animasi yang ada di dunia.

Perwakilan Infinite Studio juga menjelaskan bahwa pihaknya telah menjalin kerja sama dengan Kementerian Perindustrian dalam hal penyediaan pelatihan pembuatan animasi untuk anak-anak muda Indonesia. Program pelatihan pembuatan animasi ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia di Batam, dan daerah sekitarnya yang mampu menjawab kebutuhan tenaga kerja terampil khususnya dalam bidang teknologi digital.

Setelah selesai mengikuti pelatihan pembuatan animasi, anak-anak muda Indonesia ini nantinya akan memiliki peluang untuk bisa bekerja di Infinite Studio. Saat ini, Infinite Studio mempekerjakan sebanyak 280 orang, dengan mayoritas animator dari Indonesia.

Senada dengan Ketua Panja KER, anggota Komisi XI Meilani Leimena berharap kemajuan industri perfilman dan animasi Indonesia saat ini dapat memiliki kontribusi yang signifikan pada pendapatan negara, dan mampu bersaing dengan negara-negara maju di masa yang akan datang.

NDP dirancang untuk menjadi taman digital terpadu yang menyediakan tempat bagi bisnis digital untuk berkembang, sekaligus merupakan lokasi yang ideal untuk dijadikan pengembangan pusat data. Saat ini, NDP telah terintegrasi dengan kawasan wisata Nongsa yang merupakan kawasan wisata terpadu seperti Turi Beach Resort, Nongsa Point Marina, Nongsa Village dan Lapangan Golf yang saat ini dioperasikan oleh pihak swasta yaitu Grup Citramas.

Keberadaan NDP menegaskan bahwa sebagai daerah terdepan, Batam memiliki posisi strategis untuk menunjang kebijakan pemerintah dalam rangka mewujudkan pemerataan ekonomi melalui pembangunan di daerah terdepan. Kerja sama RI dengan Singapura dalam pengembangan ekonomi digital ini diharapkan dapat meningkatkan konsistensi implementasi konsep KEK. (OL-1)

 

Baca Juga

MI/Lilik Darmaswan

Cuaca Buruk, Ratusan Nelayan di Aceh Barat tidak Melaut

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 05 Juli 2022, 06:00 WIB
Dampak tingginya gelombang laut juga menyebabkan nelayan tidak berani beraktivitas di laut, karena ketinggian gelombang yang mencapai empat...
MI/HO

Rumah Sakit Siloam Palembang Terbakar

👤Gonti Hadi Wibowo 🕔Selasa 05 Juli 2022, 03:56 WIB
Diduga api berasal dari genset di ruangan lantai dua rumah...
ANTARA/Francisco Carolio

Pemerintah Akan Bangun Tanggul Banjir Rob di Kawasan Belawan

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 04 Juli 2022, 22:58 WIB
PEMPROV Sumatera Utara (Sumut) akan merealisasikan pembangunan tanggul untuk menanggulangi banjir rob yang kerap menggenangi kawasan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya