Rabu 24 Oktober 2018, 03:00 WIB

Tembok Pemutus Akses Dibongkar Warga

(CS/AT/N-3) | Nusantara
Tembok Pemutus Akses Dibongkar Warga

Thinkstock

 

RATUSAN warga Dusun Pegadungan Desa Taman Mekar, Karawang, Jawa Barat, menggelar unjuk rasa menuntut dikembalikannya akses jalan desa yang telah ditutup PT China Portune Land Development (CPLD) dan PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills 3. Dalam aksinya warga menjebol tembok perusahaan setelah mereka terisolasi karena hilangnya akses jalan.

Aksi warga dipicu saat hujan deras yang terjadi semalam menyebabkan jalan setapak di dalam hutan tidak dapat dilalui karena berlumpur.

“Anak-anak kami jadi tidak bisa bersekolah dan kami sulit untuk melakukan aktivitas,” kata Sarka, warga setempat,  Selasa (22/10).

Menurut Ketua LSM Lodaya, Nace Permana, unjuk rasa yang dilakukan warga merupakan aksi spontanitas. Warga sudah memperkirakan sebelumnya, jika masuk musim hujan jalur alternatif yang diberikan kepada warga tersebut tidak bisa dilalui. Pasalnya, jalur setapak yang masih tanah itu akan dipenuhi lumpur ketika hujan mengguyur.

“Pejalan kaki saja tidak akan bisa lewat. Warga sudah katakan harus ada pengerasan yang dilakukan,” katanya.

Menurut Nace, warga berusaha untuk bertemu manajemen perusahaan PT Pindo Deli agar jalan dibuka kembali, tapi belum ada tanggapan.

Terkait dengan masalah ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Karawang, Acep Jamhuri, menuding oknum perangkat desa  menjual jalan desa di sana. Seharusnya, pemerintah desa mampu mengantisipasi perkembangan dalam pembangunan desa. “Itu bukan jalan kabupaten tetapi jalan desa. Kan sudah ada anggaran dana desa untuk membuat infrastruktur jalan desa. Bukan dijual,” ungkap Acep Jamhuri.

Sementara itu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menargetkan bisa segera membuka isolasi lima desa di Kecamatan Sukasari. Dengan semakin terbukanya lima desa tersebut akan membuat Purwakarta semakin mudah diakses dan meningkatkan kunjungan pariwisata di Purwakarta.

“Tugas saya menyelesaikan pe-kerjaan yang belum selesai, seperti infrastruktur. Lima desa yang sebelumnya tidak punya akses jalan, tahun depan harus sudah ada jalan,” janji Anne. (CS/AT/N-3)

Baca Juga

Ist/Pemprov Jateng

Ganjar Siap Dua Langkah Atasi Banjir Rob di Pesisir Utara Jateng

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 13:01 WIB
ubernur Ganjar Pranowo mengatakan dua hari pasca anjir rob yang melanda kawasan Pelabuhan Tanjung Emas ternyata ditemukan setidaknya tiga...
DOK/Aston Tropicana Hotel

Sambut Libur Sekolah, Hotel Aston Tropicana Bandung Siapkan Fasilitas Ramah Anak

👤Media Indonesia 🕔Rabu 25 Mei 2022, 11:55 WIB
Aston Tropicana Bandung menjadi hotel pilihan terbaik untuk menginap...
SETPRES/AGUS SUPARTO

Tiga Aset KSPN Labuan Bajo Menunggu untuk Beroperasi

👤Putra Ananda 🕔Rabu 25 Mei 2022, 11:53 WIB
Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengaku belum dioptimalkannya kawasan pariwistat strategis Labuan bajo disebabkan belum...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya