Senin 08 Oktober 2018, 01:00 WIB

Bentuk Kabupaten Tangguh Bencana Parosil Mabsus Bupati Lampung Barat

(N-2) | Nusantara
Bentuk Kabupaten Tangguh Bencana Parosil Mabsus Bupati Lampung Barat

Intagram

 

KABUPATEN Lampung Barat merupakan salah satu wilayah dengan potensi gempa cukup tinggi. Adanya Sesar Semangko menyebabkan gempa besar di Liwa pada 15 Februari 1994. Selain gempa, bencana longsor juga kerap terjadi. Bagaimana pemerintah daerah mengurangi risiko bencana yang datang sewaktu-waktu. Berikut wawancara dengan Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus, Jumat (5/10).

Seberapa sering gempa terjadi di Lampung Barat?
Gempa buat warga memang tidak aneh, sering sekali. Terkadang pagi-pagi kita sarapan gempa. Tidak besar, mungkin sekitar 4 skala Richter dengan durasi singkat 2-3 menit.

Wilayah mana di Lampung Barat yang berpotensi tinggi bencana?
Ada empat titik, yaitu Negeri Suoh, Balik Bukit, Batu Berak, dan Belalau.

Seperti apa upaya mitigasi bencana yang dilakukan pemda?
Kami mencanangkan Lampung Barat sebagai Kabupaten Tangguh Bencana. Mulai tingkat pekon (desa) sudah dibentuk satuan tugas yang melibatkan tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda untuk menyiapkan personel yang dilatih secara berkesinambungan agar siap menghadapi bencana. Setiap sekolah kami siapkan menjadi sekolah tangguh bencana dengan memasukkan pelatihan mitigasi bencana ke dalam mata pelajaran muatan lokal. Kami juga terus membangun kewaspadaan dini kepada masyarakat karena bencana alam ini tidak mudah kita deteksi. Warga kami larang membuat bangunan lebih dari dua lantai karena kondisi geografis yang berpotensi tinggi bencana.

Selain menyaiapkan SDM, sudah adakah early warning system (EWS)?
Sejauh ini belum ada. Kami masih mengandalkan peringatan dari BMKG. Dengan pencanangan Kabupaten Tangguh Bencana ini saya berharap ada perhatian dari pemerintah pusat untuk memberikan bantuan teknologi peringatan dini bencana, gempa di sini sudah sering kali terjadi. Beberapa waktu lalu, kami menerima kunjungan dari Universitas Lampung yang akan meneliti kondisi geografis Lampung Barat yang rawan gempa ini. Dari pertemuan ini saya juga berharap akan ada kerja sama membuat formulasi atau teknologi EWS.

Sat ini banyak informasi hoaks bencana, bagaimana Anda menyikapinya?
Ini sangat sering terjadi, beberapa waktu lalu warga sempat dibuat panik. Saya sudah sering sampaikan kepada warga untuk menjadi pengguna media sosial yang cerdas. Setiap ada pemberitaan terkait dengan bencana, jangan terburu-buru menyebarkannya hingga menimbulkan kepanikan masal. Harus di cross-chek terlebih dahulu, terutama dengan instansi yang berhak mengeluarkan peringatan tersebut. Yang jelas saya mengingatkan warga untuk tetap waspada karena bencana sulit kita prediksi dan banyak berdoa. Saya tidak mau begitu bencana terjadi, baru bertindak. Saya bersama warga terus bersiap menjadi SDM tangguh bencana.(N-2)

 

Baca Juga

Antara

Pemkot Cirebon Siagakan RS Antisipasi Lonjakan Kasus

👤Ant 🕔Selasa 18 Januari 2022, 22:13 WIB
Tujuannya agar bisa tertangani dengan baik, selain vaksinasi yang terus...
ANTARA

Tempat Pelelangan Ikan di Indramayu Tutup Akibat Cuaca Buruk

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 18 Januari 2022, 21:35 WIB
CUACA buruk membuat aktivitas Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat berhenti...
ANTARA

Kota Bengkulu Mulai Lakukan Vaksinasi Covid-19 Bagi Anak 6-11 Tahun

👤Marlianysah 🕔Selasa 18 Januari 2022, 21:31 WIB
PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bengkulu, Bengkulu, mulai melaksanakan vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun serentak di 20 Sekolah Dasar (SD)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya