Jumat 17 April 2015, 00:00 WIB

Bulog NTT Serap Beras dari Tujuh Sentra Produksi

Palce Amalo | Nusantara
Bulog NTT Serap Beras dari Tujuh Sentra Produksi

ANTARA/R. Rekotomo

 
BULOG Devisi Regional Nusa Tenggara Timur (NTT) menyerap beras petani dari tujuh sentra produksi beras untuk memenuhi target penyerapan beras tahun ini sebanyak 15.000 ton.

Tujuh daerah tersebut yakni Kabupaten Rote Ndao, Kupang, Manggarai, Ngada, Belu, Sumba Barat, Manggarai Barat, dan Sumba Timur. Daerah-daerah tersebut selama ini paling banyak menyuplai beras untuk Bulog.

Kepala Bidang Pelayanan Publik Bulog NTT Alexander Malelak, Jumat (17/4), mengatakan beras yang diserap bulog harus memenuhi standar yang sudah ditetapkan yaitu kadar air yang terkandung di dalamnya maksimal 14 persen.

Selain itu, derajat sosoh atau tingkat keputihan beras minimal 95 persen, butir patah maksimal 20 persen, dan butir menir (bubuk) maksimal dua persen. Ia memastikan target penyerapan beras tersebut tercapai karena hasil panen petani melimpah. Apalagi  harga pembelian pemerintah (HPP)
beras sudah naik menjadi Rp7.300 per kilogram (kg).

Kendati target penyerapan beras tercapai, Nusa Tenggara Timur masih tetap membutuhkan pasokan beras dari luar daerah. Pasalnya kebutuhan beras di daerah ini mencapai sekitar 13.000 ton per bulan. Kekurangan beras di daerah ini biasa dipenuhi  Nusa Tenggara Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Pasokan beras dari tiga daerah itu dilakukan pemerintah, juga oleh pihak swasta yang langsung menjualnya ke pasar. (Q-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Chairul Rohman

Sandal Kayu Mahoni dari Tasikmalaya Rambah Pasar Prancis

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 23:08 WIB
"Sudah sampai Thailand sejak 2015, mereka suka dengan yang menggunakan kain songket. Kita juga ekspor sampai Prancis hingga...
ANTARA/Muhammad Arif Pribadi

Polisi Temukan Puluhan Ternak Terinfeksi PMK di Deliserdang

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 29 Juni 2022, 21:55 WIB
Setelah dipastikan tertular PMK, hewan-hewan ternak tersebut kini sudah diisolasi dan ditangani mantri...
dok.ist

Polda DIY Ungkap Kasus Penyalahgunaan BBM Bersubsidi

👤Agus Utantoro 🕔Rabu 29 Juni 2022, 21:53 WIB
POLDA Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membongkar kasus penyalahgunaan BBM bersubsidi jenis solar, melibatkan HY (37) dan UN (40) warga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya