Rabu 18 Maret 2015, 00:00 WIB

Kapal Negara SAR Kelima Diluncurkan di Benoa

Arnoldus Dhae | Nusantara
Kapal Negara SAR Kelima Diluncurkan di Benoa

ANTARA/IRWANSYAH PUTRA

 
KEPALA Basarnas Marsekal Madya FH Bambang Sulistyo meluncurkan pengoperasian kapal negara SAR kelima, di Pelabuhan Benoa, Bali, tadi pagi. Kapal yang ditempatkan di Bali tersebut diberi nama KN Arjuna dengan nomor lambung 229.

Kapal ini memiliki panjang 40 meter, lebar 7,8 meter, tinggi geladak 3,6 meter dan tinggi sarat 1,8 meter dengan mesin penggerak 3 X Min 1400 HP medium duty, berat 126 ton dengan bahan bakar Min 25 ton. Kapal ini mampu melaju dengan kecepatan maksimum 30 knot.

Menurut Bambang, kapal ini merupakan salah satu dari 5 kapal Basarnas yang baru beroperasi dan merupakan program anggaran 2014. Kapal-kapal tersebut merupakan buatan Indonesia dari PT Karimun Sejati.

"Semua bagian kapal adalah buatan anak bangsa sendiri. Semuanya produksi dalam negeri dengan kualitas internasional," ujarnya. Sementara keempat kapal lainnya ditempatkan di Medan, Padang, Manado dan Batam. Penempatan kapal-kapal tersebut dilakukan berdasarkan lokasi pemetaan potensi bencana.

"Sekalipun dikoordinasi di bawah Kantor SAR wilayah, namun tidak menutup kemungkinan bila terjadi bencana besar di wilayah lain, maka kapal-kapal itu siap dikerahkan untuk kepentingan operasional," ujarnya.

Penambahan kekuatan sarana laut ini diharapkan mampu membantu peningkatan kemampuan pelayanan SAR sehingga penanganan kecelakaan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat, efektif dan efesien.

Saat ini Basarnas baru memiliki 57 kapal yang ditempatkan di seluruh wilayah perairan Indonesia. Untuk pengadaan 5 unit kapal baru, pemerintah menggelontorkan dana sebesar Rp200 miliar. Basarnas mengantongi anggaran per tahun sekitar Rp2,1 triliun. Anggaran digunakan untuk biaya rutin, perawatan rutin, gaji pegawai, biaya pelatihan dan sebagainya.

Sementara untuk pesawat helikopter, Basarna masih membutuhkan sekitar 12 unit yang akan ditempatkan di beberapa titik strategis di Indonesia yang sewaktu-waktu bisa digerakan dengan mudah. (N-3)

Baca Juga

MI/Reza Sunarya

NasDem Santuni 3 Bersaudara yang Jadi Yatim Piatu karena Covid-19

👤Reza Sunarya 🕔Senin 02 Agustus 2021, 05:59 WIB
Saan mengatakan NasDem akan menjamin seluruh pendidikan mereka hingga lulus perguruan...
Ilustrasi

DIY Siapkan Rp22,6 miliar untuk 392 Kelurahan

👤Ardi T 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 21:00 WIB
Pemerintah Daerah Istimewa Yohyakarta (DIY) siapkan Dana Keistimewaan atau Danais Rp 22.6 miliar yang akan dialokasikan untuk 392 kelurahan...
MI/Ruta Suryana

Gratis, 1000 Nasi Bungkus per Hari di Kota Denpasar

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 20:38 WIB
"Karena ada PPKM level 4 dan kasyarakat sangat membutuhkan bantuan maka kami aktifkan lagi dapur umum ini," kata Wali Kota, Jaya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya