Senin 02 Maret 2015, 00:00 WIB

Longsor di Ciamis, Jalur Selatan Jawa Barat-Jawa Tengah Terputus

Kristiadi | Nusantara
Longsor di Ciamis, Jalur Selatan Jawa Barat-Jawa Tengah Terputus
 
JALUR selatan Jawa Barat-Jawa Tengah terputus di tanjakan Cibeka, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sejak pukul 06.00 WIB, karena longsor. Material longsor dari perbukitan setinggi 15 meter itu menutup jalan sepanjang 20 meter dengan ketebalan hingga 60 sentimeter.

Jalur ini merupakan jalan nasional yang menghubungkan Tasikmalaya-Ciamis-Banjar-Jawa Tengah. Arus kendaraan dari kedua arah pun tertutup hingga beberapa jam. Untuk mengatasi antrean, polisi mengalihkan arus kendaraan kendaraan ke jalur alternatif Cimaragas-Banjar.

''Tidak ada korban saat longsor terjadi. Di lokasi ini, hujan deras terjadi pada Minggu (1/3) hingga pagi ini,'' papar Darman, 45, warga di lokasi kejadian.

Ratusan warga pun langsung turun ke lokasi dengan membawa peralatan seadanya, seperti pacul dan sekop, untuk meminggirkan material longsor ke tepi jalan. Menjelang siang hari, Badan Penanggulangan Bencana Ciamis juga mengirim peralatan bantuan.

Dua mobil pemadam kebakaran juga telah berada di lokasi untuk menyemprotkan air, sehingga jalan bisa dilalui kendaraan.

''Tanahnya tebal dan lengket. Kami butuh waktu cukup lama untuk membersihkan badan jalan,'' aku Kepala BPBD Ciamis, Diki Erwin Juliadi. (N-3)

Baca Juga

Dok. DPD

Ketua DPD MInta Polri Usut Penembakan di Sumut

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 21:45 WIB
"Secara pribadi, saya juga menyampaikan dukacita yang mendalam atas meninggalnya rekan wartawan Saudara Marsalem Harahap. Semoga...
Antara/Inrianto Eko Suwarso

Komnas PA Sebut Korban Kekerasan Seksual di SPI Capai 60 Orang

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 21:00 WIB
Sejauh ini, kata Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait, dari 60 korban itu, sebanyak 14 orang di antaranya telah menyelesaikan berkas acara...
MI/Alexander P Taum

51 Unit Huntara Mulai Jawab Kebutuhan Penyintas Banjir Bandang  Lembata

👤Alexander P Taum 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 20:45 WIB
Meski belum dapat menjawab kebutuhan seluruh penyintas akibat bencana Seroja, namun warga mengaku langkah komunitas Taman Daun mulai...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya