Jumat 09 Juni 2017, 03:00 WIB

Amble Footwear, Kualitas dan Selera Internasional

(H-5) | Nusantara
Amble Footwear, Kualitas dan Selera Internasional

DOK. BIG CIRCLE

 

HADIR yang termuda dalam episode kali ini ialah Agit Bambang Suswanto, 28, yang mendirikan Amble Footware. Mulai 2009, dari Antapani, Bandung, dia memproduksi sepatu kulit menggunakan bahan lokal. Amble Footwear merupakan produsen sepatu dan sandal kulit asal Bandung dengan kualitas dan taste internasional. Dengan menggunakan bahan-bahan lokal, produk Amble Footwear yang tergolong kelas menengah adalah 60% handmade.

Awalnya Agit memfokuskan produknya pada sepatu pria, tetapi seiring dengan berjalannya waktu ia kemudian merambah juga sepatu wanita. Merebaknya media sosial dinilai Agit sebagai peluang. Melalui platform Instagram, Agit semakin gencar memasarkan Amble Footwear. Beberapa selebgram (selebritas Instagram) di-endorsed untuk membantu memasarkan Amble Footwear.

Agit juga menggandeng beberapa selebritas Tanah Air untuk memperkenalkan Amble, yakni seperti Ayla Dimitri, Pevita Pearce, dan HiVi. Agit mengaku sungguh-sungguh membuat produk lokal dengan kualitas serta taste internasional. Jadi, segala campaign ataupun promo yang ia lakukan sudah memiliki sistem yang diadaptasi dengan pasar luar negeri, misalnya membuat rancangan model sepatu untuk musim spring atau winter seperti di Eropa.

Selain dipasarkan di dunia maya, Amble Footwear didistribusikan secara offline ke beberapa toko di kota-kota besar. Salah satunya, The Goods Dept. Produk Amble Footwear juga diekspor ke Jepang, Singapura, dan Malaysia. Agit bekerja sama dengan tiga sentra produksi yang terdapat di daerah Kopo, Cibaduyut, dan Antapani, Bandung.

Di sana, selain memberlakukan sistem fair trade, Agit memberdayakan para perajinnya dengan memberikan pelatihan terkait dengan cara pengolahan sepatu yang menggunakan bahan dasar premium seperti kulit dan keterampilan terkait lainnya. Di luar itu, Agit juga aktif tergabung dalam Sedekah Ilmu, sebuah gerakan yang diinisiasi para pebisnis muda Kota Kembang untuk berbagi dalam suatu sharing session kepada anak-anak muda yang tertarik untuk merintis usaha.

Baca Juga

Dok.pribadi

Perencanaan Pembangunan Kabupaten Banggai Raih Penghargaan di PPD 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 23:27 WIB
Kabupaten Banggai dianggap berhasil menyiapkan perencanaan berkualitas dalam membangun Daerah dengan lebih...
Antara/Budi Candra Setya

Program Pencegahan Stunting Kabupaten Banggai Diapresiasi BKKBN

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 27 November 2021, 23:20 WIB
Kabupaten Banggai meraih juara pertama dalam kategori kolaborasi lintas sektor yakni...
Dok MI

Sukabumj Targetkan Vaksinasi 70 Persen di Akhir Tahun

👤Ant 🕔Sabtu 27 November 2021, 23:18 WIB
Marwan meminta jajarannya hingga kepala desa tidak hanya menunggu warga yang ingin divaksin datang ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya