Senin 15 Mei 2017, 14:15 WIB

Kalsel Diwacanakan Jadi Ibu Kota Negara

Denny Susanto | Nusantara
Kalsel Diwacanakan Jadi Ibu Kota Negara

Ist

 

PROVINSI Kalimantan Selatan diwacanakan menjadi alternatif ibu kota negara selain Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Kalsel dinilai cocok menjadi ibu kota negara pengganti DKI Jakarta karena letak geografis Kalsel berada di tengah Indonesia dan jalur laut ALKI 2 sehingga dapat mendukung poros maritim.

Wacana menjadikan Kalsel sebagai ibu kota negara ini dilontarkan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, di sela-sela kegiatan pisah sambut Komandan Korem 101 Antasari Banjarmasin Senin (15/5).

"Presiden waktu berkunjung ke Kalsel sempat menyinggung soal kemungkinan Kalsel menjadi alternatif ibu kota negara," tuturnya.

Dikatakan Sahbirin, Presiden Jokowi meminta Kalsel menyiapkan lahan seluas 300.000 hektare yang bisa dijadikan kawasan pembangunan ibu kota negara.

Terkait hal ini, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kalsel, Fajar Desira, mengatakan, Kalsel siap jika memang wacana ibukota negara ini diseriusi pemerintah pusat.

"Wacana Kalsel jadi ibu kota negara muncul saat kunjungan presiden kemarin," ujarnya.

Kalsel sendiri dinilai cocok menjadi ibu kota negara di mana letak geografis Kalsel berada di tengah Indonesia dan masuk jalur laut ALKI 2 yang bisa mendukung program poros maritim.

Meski luas Kalsel paling kecil jika dibandingkan dengan provinsi lain di Kalimantan, lahan kosong seluas 300.000 hektare masih tersedia. Kontur tanah di Kalsel lebih keras berbeda dengan kontur tanah di Kalimantan Tengah sehingga cocok untuk pembangunan infrastuktur, dan yang terpenting aman dari gempa.

"Jika memang diseriusi Kalsel siap jadi ibu kota negara, konsep pembangunannya bisa bekerja sama dengan Kalteng yang memang mempunyai nilai historisnya saat zaman Bung Karno," tambahnya.

Kawasan metropolitan Banjarbakula yang meliputi Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Kabupaten Barito Kuala, dan Kabupaten Tanah Laut disebut-sebut cocok menjadi lokasi ibu kota negara.

Di samping wacana ibu kota negara, Pemprov Kalsel mendesak pemerintah pusat mendukung program pembangunan strategis daerah seperti pembangunan bandara, jalan Tol Banjarbaru-Tanah Bumbu, rel kereta, hingga pembangunan bendungan dan pembangkit listrik. (OL-2)

Baca Juga

Dok MI

Polisi Indragiri Hulu Akan Tindak Tegas Perusuh Saat PSU

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 05:20 WIB
Kapolres Indragiri Hulu Provinsi Riau, AKBP Efrizal menegaskan akan menindak tegas siapapun yang membuat kerusuhan, onar selama pemungutan...
herviewfromhome.com

Banyak Pegawai Terinfeksi Satu Puskesmas di Mukomuko Masih Tutup

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 02:00 WIB
 Adanya penambahan 12 tenaga kesehatan yang dinyatakan positif...
ANTARA/OKY LUKMANSYAH

Warga Tasikmalaya Geger Penemuan Mayat Bayi Yang Dimakan Anjing

👤Kristiadi 🕔Minggu 11 April 2021, 23:22 WIB
WARGA Kampung Sukahurip Desa Cikondang, Kecamatan Cineam, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, dikejutkan dengan penemuan mayat seorang bayi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya