Selasa 03 Maret 2015, 00:00 WIB

6 Orang Rimba Meninggal Beruntun

MI | Nusantara
6 Orang Rimba Meninggal Beruntun

ANTARA/TATAN

 
PENYAKIT misterius membuat 6 warga anggota kelompok Orang Rimba yang hidup berpindah di Taman Nasional Bukit Duabelas, Kabupaten Batanghari, Jambi, kehilangan nyawa, dua pekan terakhir. Penderita memperlihatkan gejala demam dan mulut berbusa.

Petugas medis yang datang ke permukiman Orang Rimba di pinggir hutan Desa Olakbesar, Kecamatan Bathin XXIV, belum bisa menyimpulkan penyakit yang menyerang warga. ''Warga melaporkan ada yang meninggal dengan mulut berbusa. Namun, saat kami memeriksa warga yang sakit, kami hanya menemukan mereka menderita batuk dan demam biasa,'' kata Taqwim, penanggung jawab Puskesmas Durianluncuk.

Kasus kematian dan penyakit misterius itu dilaporkan aktivis Komunitas Konservasi Indonesia dan Warung Informasi yang mendampingi warga Orang Rimba. ''Kematian dan penyakit misterius ini menghantui tiga kelompok Orang Rimba,'' kata Yomi Rivandi, fasilitator kesehatan KKI-Warsi.

Dia menambahkan, selama dua pekan terakhir ada 6 anggota keluarga Orang Rimba yang meninggal. Mereka terdiri dari empat anak dan dua orang dewasa. ''Kami menduga mereka menderita penyakit karena kekurangan makanan.Hutan yang diandalkan sebagai sumber makanan makin menipis,'' lanjut Yomi.(SL/N-3)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Walikota Medan Jadi Saksi Pengukuhan BEM Nusantara Korda Sumut 

👤Yakub Pryatama Wijayaatmadja 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 23:15 WIB
Walikota Medan, Bobby Nasution, berharap mahasiswa aktif dalam membantu penanganan covid-19, sehingga diharapkan dapat mempercepat...
MI/Yose Hendra

Morula IVF Padang, Solusi Bagi Pasangan Yang Belum Miliki Buah Hati

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 22:30 WIB
Program IVF di Indonesia semakin diminati pasangan yang tak kunjung memiliki buah hati, termasuk juga di Padang dan sekitar provinsi...
Dok. DPD

Ketua DPD MInta Polri Usut Penembakan di Sumut

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 21:45 WIB
"Secara pribadi, saya juga menyampaikan dukacita yang mendalam atas meninggalnya rekan wartawan Saudara Marsalem Harahap. Semoga...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya