Senin 02 Januari 2023, 21:41 WIB

9 Wilayah Jakut Berpotensi Terendam Banjir Rob 3-10 Januari

Selamat Saragih | Megapolitan
9 Wilayah Jakut Berpotensi Terendam Banjir Rob 3-10 Januari

ANTARA/Wahyu Putro A
Suasana jalan yang terendam limpasan air laut ke daratan atau rob di Pelabuhan Muara Baru Jakarta, Rabu (28/12).

 

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta warga pesisir utara Jakarta mewaspadai potensi banjir rob pada 3-10 Januari 2023. Sebanyak sembilan wilayah di Jakarta Utara diprediksi mengalami banjir rob selama periode tersebut.

"Berdasarkan siaran pers BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) tentang peringatan potensi banjir pesisir (rob) 3-10 Januari 2023 diduga terkait dengan adanya fenomena bulan purnama (full moon) pada 6 Januari 2023 dinyatakan berpotensi meningkatkan ketinggian air laut maksimum," demikian keterangan tertulis admin akun @bpbddkijakarta dikutip Senin (2/1).

Menurut Kepala Satuan Pelayanan Pengolahan Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Michael Sitanggang, sembilan wilayah itu di antaranya Pantai Utara Muara Angke, Muara Baru, Tanjung Priok, Ancol, Kamal Muara, dan ruas-ruas yang terdapat di seputar pantai utara.

"Untuk itu siapkan perlindungan diri bagi masyarakat yang akan beraktivitas di luar ruangan, seperti membawa payung, jaket, topi, ataupun jas hujan," kata Michael, di Jakarta, Senin.


Baca juga: Jambret Ponsel Diamuk Massa di Jakpus


Bagi pejalan kaki dan pengguna kendaraan, lanjutnya, diimbau agar menjauhi area sekitar saluran air atau gorong-gorong terbuka.

Masyarakat juga dapat memantau informasi perkembangan cuaca yang disampaikan BPBD DKI melalui website bpbd.jakarta.go.id serta media sosial BPBD.

"Manfaatkan kanal pengaduan darurat milik Pemprov DKI Jakarta dengan telepon ke nomor 112 dan gunakan aplikasi JAKI untuk melaporkan kejadian banjir atau genangan yang terjadi di sekitar anda," ungkap Michael.

Dia menambahkan, DKI Jakarta siagakan sebanyak 461 pompa keliling untuk antisipasi banjir akibat cuaca ekstrem di Ibu Kota juga disiagakan total 1.760 petugas, DLH DKI klaim tidak akan ada penumpukan sampah saat Natal sampai sekarang.

Disebutkan pula peningkatan kapasitas sungai di Pasar Baru selesai pada Desember 2022. (OL-16)

Baca Juga

MI/Adam Dwi

Kompolnas Minta Klarifikasi Polisi soal Penersangkaan Mahasiswa UI

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 27 Januari 2023, 22:34 WIB
Perkara itu dihentikan karena Hasya, yang juga korban dalam kecelakaan itu, meninggal dunia. Kecelakaan tersebut diketahui melibatkan...
DOK.MI

Mahasiswa Korban Tewas Kecelakaan Jadi Tersangka, IPW: Menyakiti Masyarakat

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:52 WIB
IPW meminta Polri untuk tidak menyakiti perasaan masyarakat. Penetapan tersangka itu, walaupun kasusnya dihentikan, telah menyakitkan...
DOK MI.

Kecewa Penetapan Hasya Tersangka, Orangtua: Ayo Buktikan ke Pengadilan

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Jumat 27 Januari 2023, 21:18 WIB
Kala itu Hasya hendak pergi ke indekos salah satu temannya. Dalam perjalanan, tiba-tiba sepeda motor di depannya melaju...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya