Sabtu 21 Mei 2022, 17:30 WIB

Usai Lebaran, 1.818 Pendatang Mendaftar Jadi Warga Kota Bekasi

Rudi Kurniawansyah | Megapolitan
Usai Lebaran, 1.818 Pendatang Mendaftar Jadi Warga Kota Bekasi

ANTARA
Pengendara motor melintasi mural bertemakan sosialisasi untuk vaksinasi COVID-19 di Bekasi, Jawa Barat, Senin (15/11/2021).

 

USAI libur lebaran Idul Fitri, sebanyak 1.818 pendatang mengajukan permohonan untuk menjadi warga permanen di Kota Bekasi. Namun, jumlah warga Kota Bekasi yang mengajukan permohonan pindah dari Kota Bekasi ternyata masih lebih besar atau mencapai 2.776 warga.

Kepala Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bekasi Taufik Rahmat Hidayat mengatakan data tersebut berdasarkan akumulasi sejak 9 hingga 19 Mei 2022. Diperkirakan jumlah warga yang melakukan permohonan menjadi warga Kota Bekasi akan terus meningkat dalam sebulan ke depan.

Baca juga: Bukan Hanya Thamrin-Sudirman, Ada 5 Lokasi Alternatif Untuk CFD

"Data ini kemungkinan akan terus bertambah karena prosesnya baru dimulai pada sepekan setelah lebaran," kata Taufik, Sabtu (21/5).

Ia menjelaskan, kondisi Kota Bekasi yang merupakan daerah transit bagi warga baru pencari kerja ke ibukota DKI Jakarta. Pasalnya, sejumlah lowongan kerja mensyaratkan berdomisili atau memiliki KTP Jabodetabek untuk mendapatkan pekerjaan di Jakarta.

"Jumlah ini masih tak jauh berbeda dari jumlah pada tahun-tahun sebelumnya. Sebab Kota Bekasi memang menjadi kota transit bagi pencari kerja," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, biaya menyewa rumah dan properti di Kota Bekasi yang lebih murah menyebabkan warga yang bekerja di Jakarta memilih untuk sementara tinggal di Kota Bekasi. Namun, setelah berjalannya waktu, ketika warga tersebut mencapai kemapanan, mereka lalu mengurus kepindahan untuk menyewa atau membeli rumah di Jakarta.

"Jadi banyak faktor yang menjadi alasan untuk kepindahan warga ini. Tetapi, mereka juga tidak merincikan apa saja penyebab untuk kepindahannya itu," jelas Taufik.

Ia mengungkapkan, jumlah pendatang yang mendaftarkan diri untuk menjadi warga Kota Bekasi diperkirakan akan terus bertambah hingga beberapa hari ke depan. "Jadi jumlah warga yang datang dan pergi ini tak bisa dihindari lagi karena mayoritas memang untuk mencari kerja," jelasnya. (OL-6)

Baca Juga

Dok. Jawara Ssandi Uno

Gelar Pelatihan Dimsum di Bekasi, Pelaku UMKM Dan Emak-emak Harapkan Sandiaga Presiden 2024

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:05 WIB
Ketua Jawara Sandi Uno, Aini Kartaatmadja mengatakan, Sandiaga sosok yang tepat dalam memberikan solusi kebangkitan ekonomi kepada...
Ilustrasi

Pencuri Bobol Rumah Kosong di Jakbar Siang Hari, Korban Rugi Rp400 Juta

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:30 WIB
Kapolsek Cengkareng Kompol Ardhie Demastyo mengatakan kejadian berawal saat korban bernama Desi bersama suami dan anaknya pergi...
MI/Selamat Saragih

HIPMI BPC Kepulauan Seribu, Semangat Kewirausahaan Untuk Menggali Potensi Baru

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:22 WIB
KETUA Umum BPD HIPMI DKI Jakarta Raya (HIPMI Jaya) Sona Maesana melantik pengurus Badan Pengurus Cabang (BPC) Himpunan Pengusaha Muda...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya