Jumat 06 Mei 2022, 18:24 WIB

Personel Korps Brimob Berlatih Penanganan Bom Di Turki dan Irlandia Utara

RO/Micom | Megapolitan
Personel Korps Brimob Berlatih Penanganan Bom Di Turki dan Irlandia Utara

.
.

 

KORPS Brimob Polri memberangkatkan 14 personel ke Turki dan Irlandia Utara untuk berlatih penanganan bom. Kedua negara dikenal memiliki reputasi tinggi dalam penanganan bom di dunia.

Pelepasan 14 personel dilakukan melalui upacara resmi yang digelar di Lapangan Mako Brimob Polri Kelapa Dua, Depok, Jumat (6/5), dipimpin Komandan Korps Brimob Irjen Anang Revandoko.

"Korps Brimob Polri memberangkatkan 10 personel terbaiknya untuk latihan penanganan amunisi, ranjau, dan bahan peledak di Turki," kata Anang.

Program pelatihan di Turki ini merupakan kelanjutan  kerja sama antara Korps Brimob Polri dengan Komando Gendarmarie Nasional Turki, pada 2021.

Anang mengatakan Turki berpengalaman dalam penanganan kelompok-kelompok bersenjata di Timur Tengah. Dengan demikian personel Korps Brimob akan memiliki kemampuan penanganan amunisi, ranjau, dan bahan peledak, dengan spektrum kawasan Timur Tengah.

Korps Brimob Polri juga memberangkatkan 4 perwira untuk mengikuti Seminar dan Konfrensi Internasional Bomb Data Centre Working Group di Belfast, Irlandia Utara, untuk  meningkatkan sumber daya menyesuikan ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan.

"Ini sesuai harapan Bapak Kapolri agar Korps Brimob bisa merespons dan mengantisipasi potensi ancaman khususnya dalm penanganan amunisi, ranjau dan bahan peledak," tutur Anang.

14 personel tersebut sekembalinya dari Turki dan Irlandia Utara diharapkan mentransfer ilmu dan pengalamannya ke seluruh jajaran Korps Brimob. Dengan demikian kemampuan dan kapasitas personel Korps Brimob semakin baik dan profesional.

Dalam kesempatan yang sama Dankor Brimob secara simbolis menyerahkan senjata organik bagi 6 Batalyon Respon Cepat Korps Brimob Power on Hands Kapolri. Batalyon ini dikukuhkan pembentukannya oleh Kapolri pada Februari 2022.

Senjata modern tersebut ditujukan meningkatkan kemampuan Korps Brimob untuk menghadapi kelompok yang mencoba mengganggu keutuhan bangsa Indonesia. (J-1)

 

Baca Juga

MI/Ramdani

Mobil Balap Formula E Mulai Tiba di Jakarta

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 22 Mei 2022, 14:40 WIB
Keseluruhan komponen mobil balap Formula E dikirim dari Doha, Qatar, karena para atlet baru selesai mengikuti ajang Formula E di...
DOK Pribadi.

Jalin Silaturahmi dan Keakraban, Komunitas BPRC Gelar Halalbihalal 

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 22 Mei 2022, 14:10 WIB
Seiring perjalanan waktu, satu demi satu keluarga keluar dari kompleks karena orangtua pensiun dan alasan...
ANTARA/Hafidz Mubarak A

Revitalisasi Pasar Petak Sembilan Perlu Kolaborasi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Minggu 22 Mei 2022, 07:15 WIB
“Maka dari itu, penataan kawasan penting dilakukan untuk terciptanya kebersihan, kerapian, dan kenyamanan bagi pedagang maupun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya