Jumat 12 November 2021, 16:01 WIB

Sulit Tambah RTH di Jakarta, Pemprov DKI Bakal Tambah RTH di Bodetabekjur

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Sulit Tambah RTH di Jakarta, Pemprov DKI Bakal Tambah RTH di Bodetabekjur

ANTARA FOTO/Suwandy
Ilustrasi

 

PEMPROV DKI sudah sejak lama kesulitan menambah jumlah luasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di dalam area Ibukota. Mahalnya harga lahan dan sulitnya mencari lahan yang bisa dibeli untuk RTH adalah dua penyebab persentase RTH di DKI stagnan di angka 9% dari semestinya 30%.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau yang akrab disapa Ariza pun mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat khususnya Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) untuk membahas regulasi hal ini.

Baca juga: Staf Sudin Perpustakaan Jaksel Mendongeng untuk Anak-anak

Ia melanjutkan, pembangunan RTH di wilayah Bodetabekjur juga bisa dilakukan karena penanganan banjir Jakarta membutuhkan langkah yang komprehensif termasuk di wilayah hulu.

"Terkait RTH, tidak hanya di Jakarta tapi di Bodetabek Punjur, jadi termasuk Puncak, Bogor, Bekasi, semua ini merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dengan Jakarta, harus saling mendukung, karenanya dibutuhkan RTH yang lebih banyak dan lebih luas," kata Ariza di Balai Kota Jakarta, Kamis (11/11).

Pembangunan RTH di Puncak, imbuhnya, adalah langkah yang lebih cepat, mudah, dan murah bagi pemerintah untuk pemenuhan kekurangan 21% RTH di Jakarta sebagai wilayah tangkapan air.

"Terlebih kami tahu, kan, Jakarta ini daerahnya sangat dataran rendah, air kiriman dari daerah-daerah yang lebih tinggi itu bisa diatasi di antaranya memperluas RTH di kawasan hulu, termasuk pembangunan waduk Cimahi dan Ciawi yang mudah-mudahan akhir tahun ini sudah bisa difungsikan," ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian ATR/BPN berencana memindahkan pemenuhan ruang terbuka hijau (RTH) di DKI Jakarta ke daerah Puncak, Bogor, guna mengatasi persoalan banjir di Jakarta, dan memastikan perbaikan lingkungan di wilayah hulu. (OL-6)

Baca Juga

DOK.MI

Kembali Bertambah, Kasus Covid-19 di DKI Tembus 9.593

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 01 Juli 2022, 17:10 WIB
Untuk positivity rate atau persentase kasus positif sepekan terakhir di Jakarta sebesar 11,60%, sedangkan persentase kasus positif secara...
Ist

Bogor Food Festival Digelar di Lippo Plaza Ekalokasari Bogor

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 16:43 WIB
Lebih dari 30 both menyiapkan berbagai ragam jenis makanan traditional yang didominasi makanan traditional nusantara...
Dok. HIPMI Jaya

HIPMI Kepulauan Seribu Dilantik, Potensi Kewirausahaan Baru di Jakarta Terus Digali

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 16:25 WIB
BPC Kepulauan Seribu merupakan BPC ke enam dibawah BPC HIPMI Jaya dan akan dipimpin oleh Ketua Umum terpilih Rangga Derana Niode...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya