Selasa 08 Juni 2021, 07:08 WIB

Pemkot Jakpus Siapkan Strategi Penanganan Lonjakan Kasus Covid-19

Hilda Julaika | Megapolitan
Pemkot Jakpus Siapkan Strategi Penanganan Lonjakan Kasus Covid-19

Ilustrasi
covid-19

 

WALI Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mulai mempersiapkan strategi dalam menghadapi potensi lonjakan kasus covid-19. Pihaknya sudah memimpin rapat evaluasi pencegahan lonjakan kasus covid-19.

Dhany mengatakan tren angka kasus covid-19 saat ini melonjak meskipun masih di bawah kondisi ekstrem yang terjadi pada Januari hingga Februari. Indikasi dari melonjaknya kasus covid-19 ini bisa dilihat dari ketersediaan fasilitas tempat tidur di rumah sakit yang sudah terisi sekitar 45%. Termasuk keterisian di ruang ICU juga.

"Ini mengindikasikan kasus covid-19 mulai menanjak, sehingga perlu dilakukan antisipasi melibatkan seluruh stakeholder," ujar Dhany Sukma.

Ia menjelaskan, sejumlah langkah antisipasi pencegahan yang akan dilakukan di antaranya mengaktifkan kembali seluruh posko atau Satgas Covid-19 mulai dari tingkat RT, RW dan kelurahan.

"Peran RT dan RW sangat penting. Mereka akan melakukan pemantauan berapa jumlah kasus yang terjadi di lingkungan RT," jelasnya.

Baca juga:  Perkuat Tracing di Lapangan untuk Hadapi Lonjakan Covid-19

Dhany melanjutkan, pihaknya juga meminta jajaran Satpol PP menggencarkan kembali operasi tertib masker di perlintasan jalan dan sejumlah lokasi kerumunan.

"Operasi tertib masker lebih digencarkan lagi, khususnya di sejumlah lokasi kerumunan, guna meningkatkan kembali kesadaran warga memakai masker saat beraktivitas di luar rumah," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Anies: 5% dari Kasus Aktif di Jakarta Bergejala Berat-Kritis

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 25 Juli 2021, 18:05 WIB
Gubernur DKI menyoroti banyaknya pasien covid-19 yang tidak mendapatkan perawatan khusus di rumah sakit dan akhirnya meninggal...
MI/DEDE SUSIANTI

500 Paket Sembako Dibagikan ke Pengemudi Transportasi Umum di Bogor 

👤Dede Susianti 🕔Minggu 25 Juli 2021, 17:47 WIB
Menhub menjelaskan, terkait dengan syarat STRP bagi para pengemudi ojol tidak akan mempersulit para pengemudi ojol karena telah dibuat...
Antara

14 Jenazah Covid-19 Dikremasi Secara Gratis di TPU Tegal Alur

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 25 Juli 2021, 17:45 WIB
Fasilitas gratis yang baru saja dibuka ini diharapkan dapat menekan praktik kartel terhadap kremasi jenazah pasien covid-19 di DKI...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pegasus Spyware, Senjata Pembungkam Wartawan

 Konsorsium media internasional bersama Amnesty International melaporkan lebih dari 50 ribu nomor telepon menjadi target spyware Pegasus.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya