Minggu 06 Juni 2021, 10:50 WIB

Kenapa Sih Sepeda Non-road Bike Dilarang Lintasi JLNT

Hilda Julaika | Megapolitan
Kenapa Sih Sepeda Non-road Bike Dilarang Lintasi JLNT

MI/Andri Widiyanto
Petugas memberhentikan sepeda non road bike yang akan melintas di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta.

 

PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tidak memberikan izin sepeda non-road bike untuk melintasi Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang. Dengan alasan, sepeda tersebut memiliki kecepatan yang berbeda dengan sepeda balap (road bike) saat melintasi jalan layang tersebut. Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo.

“Jadi kenapa di jalur ini untuk road bike, kita pahami bahwa di tengah-tengah animo masyarakat dalam bersepeda ada pemisahan kecepatan. Jadi kecepatan road bike rata-rata 40 km/jam, sementara untuk non-road bike itu 20-25 km/jam,” kata Syafrin di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (6/6).

Pemisahan jalur sepeda ini sudah sesuai dengan amanat UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Pihaknya juga bisa menjamun keselamatan pesepeda maupun pengendara bermotor

Adapun Pemprov DKI menyediakan jalur sepeda untuk road bike ini di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang dan Jalan Sudirman-Thamrin. Dengan alasan, kedua jalur tersebut saling terintegrasi alhasil bisa dilakukan pemisahan lintasan. Oleh karena itu, pengguna road bike di JLNT itu bisa langsung diarahkan ke Jalan Sudirman untuk bisa langsung bergabung ke jalur sepeda yang telah disiapkan.

“Demikian juga dengan pengguna road bike di Jalan Sudirman-Thamrin begitu mereka berada di Jalan Sudirman-Thamrin langsung bisa diarahkan ke JLNT untuk beraktivitas ke JLNT sepanjang lintasan road biker. Artinya pemisahan secara fisik bisa langsung dilakukan pada saat lintasan road bike ditetapkan,” paparnya.

Saat ini, Pemprov DKI sedang melakukan uji coba road bike di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang. Uji coba tersebut dilaksanakan setiap Minggu pada pukul 05.00-08.00 WIB. Selama proses uji cob aini, Syafrin mengatakan telah terjadi peningkatan jumlah pesepeda balap mencapai 74%. Atas peningkatan inilah, ujicoba jalur road bike di Kawasan Sudirman-Thamrin akan dilakukan. (OL-13)

Baca Juga: Besok Uji Coba Road Bike di Jl Sudirman-Thamrin

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

Antara

Ada ANBK Tingkat SMA, PTM di Jakarta Harus Ditunda

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 26 September 2021, 17:50 WIB
Dinas Pendidikan DKI Jakarta khawatir jika PTM terbatas tahap II tetap dijalankan selama ANBK tingkat SMA, dapat menciptakan kerumunan di...
Antara

Soal Polemik Formula E, DPRD DKI: Kami Juga Terkena Dampak

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 26 September 2021, 16:40 WIB
DPRD menyatakan juga akan mengalami kesulitan, jika menyetujui penggunaan APBD untuk Formula E, yang dinilai tidak bermanfaat bagi...
DOK Sinar Mas Land.

Dukung BNN, Sinar Mas Land Berpartisipasi dalam Kampanye Antinarkoba

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 13:54 WIB
Kedua lokasi tersebut dipilih mengingat posisinya yang strategis di BSD City serta arus lalu lintasnya yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya