Sabtu 15 Mei 2021, 16:00 WIB

Antisipasi Arus Balik Lebaran, Korlantas Perketat Pengawasan

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan
Antisipasi Arus Balik Lebaran, Korlantas Perketat Pengawasan

Antara
Anggota kepolisian saat mengatur arus lalu lintas di pos penyekatan wilayah perbatasan.

 

KORPS Lalu Lintas (Korlantas) Polri menyatakan puncak arus balik Lebaran 2021 akan terjadi pada akhir pekan ini. Polri pun meminta seluruh jajarannya untuk melakukan pengawasan, serta berkoordinasi dengan instansi terkait.

Segala dinamika di lapangan harus ditangani dengan keputusan cepat dan tepat. "Dilakukan pengawasan dan pengendalian terus menerus, serta koordinasi dengan instansi terkait, untuk antisipasi dinamika di lapangan,” ujar Kepala Korlantas Polri Irjen Istiono, Sabtu (15/5).

Pihaknya memprediksi ada 1,5 juta pemudik yang kembali ke wilayah Jabodetabek. “Puncak arus balik diprediksi mulai hari ini (Sabtu) sampai besok (Minggu), karena Senin masyarakat sudah mulai masuk kerja,” imbuhnya.

Baca juga: Catatan Kemenhub, 1,5 Juta Orang Keluar dari Jabodetabek

Hal itu, lanjut Istiono, mengacu pada data Kementerian Perhubungan yang melaporkan sebanyak 1,5 juta orang meninggalkan wilayah Jabodetabek pada libur Lebaran. Oleh karena itu, pihaknya melakukan antisipasi untuk mengelola arus lalu lintas.

“Ini yang perlu dikelola perjalanan balik ke Jabodetabek. Kita antisipasi mobilisasi kendaraan roda empat dan roda dua di jalur tol dan arteri,” pungkas Istiono.

Lalu, pihaknya akan mengalihkan truk besar bersumbu tiga ke jalur arteri demi memperlancar arus balik. “Untuk truk sumbu 3 ke atas yang melalui jalan tol, perlu dilakukan pengalihan melalui jalur arteri/non tol mulai dari Semarang sampai Jakarta,” jelasnya.

Baca juga: Perketat Arus Balik, Polda Metro Jaga 4 Titik Krusial

Selain itu, Korlantas bersama Satgas covid-19 telah menyiapkan 109 titik check point untuk memeriksa pengendara yang memasuki wilayah Jabodetabek. Semuanya harus membawa surat bebas covid-19. Bagi yang tidak membawa surat tersebut, akan dilakukan random check di lokasi yang ditentukan.

“Kami telah menyiapkan 109 titik check point. Ada 26 di rest area dan gate tol, lalu 83 di titik jalur arteri dan jalan nasional dari jawa dan Sumatera menuju Jakarta. Kegiatan rapid test antigen secara random dilaksanakan mulai hari ini,” tandas dia.(OL-11)

 

Baca Juga

Antara

Langgar Prokes, Sembilan Tempat Usaha di Kebon Jeruk Disanksi

👤Hilda Julaika 🕔Senin 21 Juni 2021, 13:41 WIB
Satpol PP Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, kembali melakukan pengawasan penerapan PPKM Mikro pada Minggu (20/6) hingga Senin (21/6)...
Antara

Dinkes DKI: Warga Bisa Tetap Isolasi Di Rumah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 21 Juni 2021, 13:32 WIB
Hal ini mengingat laju kasus covid-19 yang terus meninggi sehingga lokasi isolasi terkendali juga dengan cepat terisi...
MI/Ramdani

Kasus Covid-19 Melonjak, Polda Metro Sekat 10 Ruas Jalan

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 21 Juni 2021, 13:29 WIB
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan penyekatan sejumlah jalan akan berlaku mulai Senin (21/6)...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jangan Gagap Lindungi Nasabah di Era Digital

ERA pandemi covid-19 berdampak pada berpindahnya aktivitas masyarakat di area digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya