Senin 19 April 2021, 00:45 WIB

Kemenhub Minta Masyarakat Jangan Mudik Sebelum 6 Mei

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Kemenhub Minta Masyarakat Jangan Mudik Sebelum 6 Mei

ANTARA/Aprillio Akbar
Ilustrasi mudik

 

MESKI tidak ada sanksi pelarangan mudik sebelum 6 Mei, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta masyarakat untuk tidak pulang kampung guna menekan penularan covid-19.

Pasalnya, berdasarkan survei dari Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan (Balitbanghub) pada Maret 2021, menunjukkan ada 11% responden atau sekitar 27,6 juta orang yang memilih tetap mudik meskipun ada pelarangan mudik.

Baca juga: Pengeroyokan Di Jaksel, Satu Polisi Tewas Satu Anggota TNI Luka

"Diimbau untuk tidak mudik sebelum tanggal 6 Mei," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar) Budi Setiyadi kepada Media Indonesia, Minggu (18/4).

Kemenhub sendiri telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021 untuk pelarangan operasi moda darat, laut, udara dan perkeretapian. Namun, diketahui tidak ada sanksi yang mengatur mobilitas sebelum 6 hingga 17 Mei.

"(Hanya) himbauan tidak mudik dan penerapan protokol kesehatan yang ketat (bagi masyarakat)," ucap Budi.

Budi juga menegaskan, sesuai data Korlantas ada 333 titik penyekatan laragan mudik jalur darat, yang salah satunya juga mengawasi kendaraan travel gelap selama larangan mudik.

Senada, Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati menegaskan agar masyarakat mematuhi kebijakan larangan mudik sebelum masa itu diberlakukan oleh pemerintah.

"Kami mengimbau kepada masyarakat bahwa sebenarnya pelarangan ini esensinya adalah agar masyarakat tidak melakukan mobilitas dahulu," kata Adita dalam tayangan Metro TV News (18/4).

Pihaknya juga meminta masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan yang ketat di tengah kasus covid-19 di Tanah Air yang hampir menembus 1,6 juta kasus positif.

"Di situasi pandemi ini (tetap) patuhi protokol kesehatan, menjauhi kerumunan dengan membatasi mobilitas. Meskipun tidak ada di periode yang bukan formal di larangan mudik, masyarakat tetap membatasi mobilitasnya," pungkas Adita. (OL-6)

Baca Juga

Dok.Humas

Era Entrepreneur Saatnya Anak Muda Berkarya

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 13:05 WIB
SEBAGAI anak muda harus partisipasi aktif dalam membangkitkan ekonomi di era...
MI/Andri Widiyanto

PTM SMA-SMK di Depok Bakal Ditunda Lagi

👤Kisar Rajagukguk 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 11:20 WIB
RENCANA pembelajaran tatap muka (PTM) bagi SMA-SMK di Kota Depok yang rencananya di mulai 19 Juli 2021 kemungkinan ditunda...
MI/Rudi Kurniawansyah

Vaksinasi Massal Zona 1 Kota Bekasi Diikuti 4 ribu Orang

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Sabtu 19 Juni 2021, 09:05 WIB
PEMERINTAH Kota Bekasi menggelar vaksinasi massal yang diikuti sekitar 4.000 orang di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pungli Tetap Marak Pak Satgas!

Pungli di berbagai layanan publik terus menjadi masalah yang dialami masyarakat, bahkan di tengah kesulitan ekonomi akibat pandemi.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya