Jumat 26 Februari 2021, 10:11 WIB

DKI Pasang Separator untuk Jalur Sepeda di Sudirman-Thamrin

Hilda Julaika | Megapolitan
DKI Pasang Separator untuk Jalur Sepeda di Sudirman-Thamrin

Antara/Akbar Nugroho
Pesepeda melintasi jalur khusus di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta.

 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta sudah mulai memasang pembatas permanen di sepanjang jalur sepeda Jalan Sudirman-Thamrin. Pemasangan pembatas berupa planter box ini sudah dilakukan sejak Rabu (24/2) lalu.

Planter box atau pot tanaman berbahan beton dipasang sebagai pembatas jalur sepeda. Pembatas yang dipasang di Jalan Sudirman-Thamrin rencananya mencapai 11,2 kilometer.

“Sejak Rabu (24/2), Dinas Perhubungan mulai memasang jalur khusus sepeda terproteksi secara permanen di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin,” dikutip dari akun @dishubdkijakarta, Jumat (26/2).

Baca juga: Separator Jalur Sepeda Jakarta Bisa Dicontoh Daerah Lain

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menyebut saat ini jalur sepeda permanen Sudirman-Thamrin sedang tahap konstruksi. Pihaknya berharap proses konstruksi selesai pada Maret 2021.

“Tahapannya, karena kita menggunakan planter box, itu diproduksi di workshop kontraktor. Kemudian di badan jalan disiapkan tempat berupa marka. Untuk jalur sendiri, total 11,2 meter dari Bundaran Senayan sampai Bundaran HI,” papar Syafrin saat dihubungi.

Baca juga: Jalur Sepeda di Jakarta Disebut Mubazir

Anggaran yang dikucurkan untuk pembuatan pembatas mencapai Rp30 miliar. Sumber pendanaan disebutkan Syafrin berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBD) DKI Jakarta.

Potensi pengembangan jalur sepeda di wilayah DKI Jakarta sepanjang 578,8 kilometer. Pihaknya menargetkan proyek tersebut rampung dalam beberapa tahun ke depan. Artinya, tidak bisa direalisasikan dalam waktu dekat. 

Setidaknya butuh waktu 11 tahun terhitung sejak 2019, untuk merealisasikan jalur khusus sepeda. "Rencana pengembangan jalur sepeda 2019 sampai 2030 sepanjang 578,8 kilometer. Jalur sepeda eksisting yang sudah terbangun sepanjang 63 km pada 2019," jelas Syafrin.(OL-11)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto.

Polisi akan Sanksi Warga yang Nekat Mudik Lebaran

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 12 April 2021, 13:34 WIB
Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ayat 4 bahwa angkutan barang memang tidak diperkenankan...
MI/Ramdani

Polisi akan Tindak Tegas Travel Gelap Selama Larangan Mudik

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 12 April 2021, 13:00 WIB
Pihaknya akan menindak tegas jika ada warga yang mencuri kesempatan dengan travel gelap atau melalui jalan tikus untuk menghindari...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Wali Kota Jaktim Minta Warga tak Gelar Sahur On The Road

👤Hilda Julaika 🕔Senin 12 April 2021, 12:39 WIB
Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, Pemkot Jakarta Timur mengimbau warga agar tidak menggelar kegiatan sahur on the...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya