Jumat 30 Oktober 2020, 15:48 WIB

Epidemiolog Ingatkan Anies Waspada Klaster Liburan

Hilda Julaika | Megapolitan
Epidemiolog Ingatkan Anies Waspada Klaster Liburan

Antara
Klaster liburan

 

GUBERNUR Anies Baswedan dingatkan untuk waspada adanya klaster liburan. Pasalnya mulai dari 28 Oktober hingga 1 November ini ada libur panjang. Momen ini menjadi rawan penyebaran covid-19.

“Potensi yang besar itu terutama dari pasca liburan ini yang akan terlihatnya sebulan lagi,” kata Ahli epidemiologi Dicky Budiman saat dikonfrimasi mediaindonesia.com, Jumat (30/10).

Sehingga akan rawan adanya penambahan kasus harian secara tiba-tiba. Pemprov DKI Jakarta diminta untuk menggecarkan testing dan contact tracing (pelacakan kontak) untuk mengidentifikasi kasus.

Baca juga : Libur Panjang, Sudin Dukcapil Jaksel Buka Layanan Kependudukan

Anies sendiri sudah mewanti-wanti warga Jakarta dalam menghadapi libur panjang. Karena bisa memicu adanya klaster liburan dan klaster keluarga. Hal ini berkaca pada libur panjang di bulan Agustus lalu yang menimbulkan lonjakan kasus.

“Pengalaman di bulan Agustus, ketika ada libur panjang terjadi lonjakan kasus 2 pekan berikutnya. Pola yang sama ditemukan di bulan Mei. Jadi kami anjurkan masyarakat utnuk tetap di rumah saja dan taati seluruh protokol kesehatan,” kata Anies.

“Virus tidak memilih lokasi penularan. Ruang public bisa kami awasi. Tapi ruang-ruang privat (keluarga) perlu kerjasama seluruh masyarakat untuk sama-sama menjaga,”pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

Antara/Aprilio Akbar

Pemulihan Ekonomi Semakin Terasa, UMKM di Jakarta Terus Didorong Untuk Bangkit

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:36 WIB
Program pemerintah melalui KUR, dikatakan dia, bisa membangkitkan ekonomi. Untuk itu, Pegadaian hadir untuk salurkan KUR super...
MI/ Moh Irfan

Tandon Air Proyek LRT di Jakarta Jebol

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:34 WIB
Hingga saat ini, pihak kepolisian masih menyelidiki penyebab jebolnya tandon air proyek LRT di Jakarta, yang mengakibatkan lima orang...
MI/Rommy Pujianto

Pelapor Roy Suryo: Saya hanya Menyuarakan Minoritas

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:15 WIB
Harapan Herna bahwa semoga kasus ini ditinjaklanjuti, sama seperti kasus penistaan agama yang sudah terjadi sebelumnya di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya