Jumat 30 Oktober 2020, 15:48 WIB

Epidemiolog Ingatkan Anies Waspada Klaster Liburan

Hilda Julaika | Megapolitan
Epidemiolog Ingatkan Anies Waspada Klaster Liburan

Antara
Klaster liburan

 

GUBERNUR Anies Baswedan dingatkan untuk waspada adanya klaster liburan. Pasalnya mulai dari 28 Oktober hingga 1 November ini ada libur panjang. Momen ini menjadi rawan penyebaran covid-19.

“Potensi yang besar itu terutama dari pasca liburan ini yang akan terlihatnya sebulan lagi,” kata Ahli epidemiologi Dicky Budiman saat dikonfrimasi mediaindonesia.com, Jumat (30/10).

Sehingga akan rawan adanya penambahan kasus harian secara tiba-tiba. Pemprov DKI Jakarta diminta untuk menggecarkan testing dan contact tracing (pelacakan kontak) untuk mengidentifikasi kasus.

Baca juga : Libur Panjang, Sudin Dukcapil Jaksel Buka Layanan Kependudukan

Anies sendiri sudah mewanti-wanti warga Jakarta dalam menghadapi libur panjang. Karena bisa memicu adanya klaster liburan dan klaster keluarga. Hal ini berkaca pada libur panjang di bulan Agustus lalu yang menimbulkan lonjakan kasus.

“Pengalaman di bulan Agustus, ketika ada libur panjang terjadi lonjakan kasus 2 pekan berikutnya. Pola yang sama ditemukan di bulan Mei. Jadi kami anjurkan masyarakat utnuk tetap di rumah saja dan taati seluruh protokol kesehatan,” kata Anies.

“Virus tidak memilih lokasi penularan. Ruang public bisa kami awasi. Tapi ruang-ruang privat (keluarga) perlu kerjasama seluruh masyarakat untuk sama-sama menjaga,”pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

Antara/Aditya Pradana

Anies Ajukan Dhany Sukma Sebagai Wali Kota Jakpus

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 03 Desember 2020, 14:15 WIB
DPRD DKI Jakarta sudah menerima surat pemberitahuan dari Anies. Nantinya, Dhany Sukma akan menjalani fit and proper test yang dilakukan...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

Rencana Kenaikan Gaji DPRD DKI Saat Pandemi Dinilai Beratkan Warga

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 03 Desember 2020, 12:56 WIB
Dalam RKT DPRD DKI 2021, setiap anggota akan mendapatkan gaji bulanan Rp173.249.250 sebelum dipotong pajak penghasilan (PPh). Tahun...
ANTARA/Nova Wahyudi

DPRD DKI Klaim Naiknya Tunjangan Anggota Dewan Sesuai Aturan

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 03 Desember 2020, 12:26 WIB
Dalam APBD 2021, terdapat kenaikan anggaran untuk Rencana Kerja Tahunan (RKT) DPRD DKI Jakarta yang mencapai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya