Rabu 21 Oktober 2020, 09:36 WIB

Pemprov DKI Siapkan 550 Bengkel Penyelenggara Uji Emisi

Kautsar Bobi | Megapolitan
Pemprov DKI Siapkan 550 Bengkel Penyelenggara Uji Emisi

ANTARA/Aditya Pradana Putra
Petugas menguji emisi pada mobil operasional pemerintahan di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Jakarta.

 

DINAS Lingkungan Hidup DKI Jakarta tengah mempersiapkan 550 Bengkel Penyelenggara Uji Emisi (BPUE) yang berkompeten. Saat ini, baru ada 155 bengkel yang terseber di beberapa daerah di Ibu Kota.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengatakan untuk mendukung bengkel tersebut sebanyak 300 teknisi diberikan pelatihan dan pembinaan. Mereka berasal dari 87 bengkel resmi Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) dan bengkel lainnya.

"Pelatihan bertujuan menambah jumlah teknisi yang mampu melakukan uji emisi. Mereka nanti bakal bertugas di bengkel atau kios uji emisi maupun kendaraan layanan uji emisi," ujar Andono dalam keterangan tertulis, Selasa (20/10).

Baca juga: DKI Komit Serius Tangani Banjir

Kepala Bidang Pengendalian Dampak Lingkungan Dinas Lingkungan DKI Jakarta Yusiono A Supalal menambahkan ratusan teknisi ini dibekali materi tentang Standar Operasional Prosedur Uji Emisi. Pasalnya, setiap bengkel memiliki alat uji emisi dan standar yang berbeda-beda.

"Kami informasikan sebenarnya prosedur yang diakui itu seperti apa, karena ini ada aturan dan standarnya," tuturnya.

Selain itu, melalui pelatihan yang digelar sepanjang Oktober ini, diinformasikan kebijakan dan regulasi yang perlu diketahui oleh para teknisi. Sehingga bengkel-bengkel resmi memiliki kesamaan pandangan atau visi dalam rangka perbaikan kualitas udara di Jakarta.

Salah satu regulasi yang perlu diketahui, yaitu Peraturan Gubernur Nomor 66 tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Para teknisi juga dilatih menggunakan sistem informasi uji emisi atau E-Uji Emisi. Peserta akan mendapatkan sertifikat dan ID pengguna beserta password E-Uji Emisi di akhir pelatihan.

"Ini penting bagaimana mereka nanti menginput hasil uji emisi itu. Selain sertifikat, kami berikan user ID dan password-nya," jelas Yusiono. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA

Kasus Kerumunan Petamburan, Polisi Berpeluang Panggil Rizieq

👤Rachmatul Fajri 🕔Sabtu 28 November 2020, 19:55 WIB
Dari gelar perkara disimpulkan kerumunan di Petamburan itu memenuhi unsur pidana terkait Pasal 93 jo Pasal 9 UU RI Nomor 6 Tahun 2018...
Istimewa

Warga Lahan Jalan Sutan Syahrir Minta Keadilan Polri

👤Selamat Saragih 🕔Sabtu 28 November 2020, 18:50 WIB
PERSELISIHAN harta kekayaan negara berupa barang milik negara sudah setahun belum juga menemui titik temu. Seperti di lahan jalan Sutan...
AFP

Efek Rizieq, Pencopotan Pejabat DKI Jangan Berhenti di Wali Kota

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 28 November 2020, 18:10 WIB
"Jadi jangan berhenti sampai Pak Wali Kota. Pejabat lain yang terindikasi juga lebih baik dibebastugaskan,"...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya