Selasa 15 Maret 2016, 14:18 WIB

Tarif Angkutan Online Murah karena tidak Bayar Pajak

Selamat Saragih | Megapolitan
Tarif Angkutan Online Murah karena tidak Bayar Pajak
 

GUBERNUR DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan tarif angkutan berbasis aplikasi/online bisa lebih murah karena mereka tidak membayar pajak ke negara. Sementara pengusaha angkutan umum dikenakan pajak antara 25-28 persen setiap tahun.

Karena itu, Ahok sapaan akrab Basuki Tjahaja Purnama mendorong agar angkutan berbasis aplikasi seperti Grab dan Uber bisa mendaftarkan diri. Sehingga baik angkutan konvensional maupun aplikasi bisa bersaing secara sehat.

"Kalau sekarang kamu bisa lebih murah, kamu nggak wajib membayar pajak dan nggak bayar asuransi. Sementara perusahan taksi harus bayar pajak dan asuransi," kata Ahok, di Balai Kota DKI, Selasa (15/3).

Ke depan, kata Ahok, pihaknya memperkirakan pengelolaan taksi akan berubah menggunakan aplikasi. Namun semuanya harus bersaing secara sehat.

"Ke depan kita akui memang masa taksi ini akan berubah. Tapi tetap harus legal, kalau nggak kan kasihan perusahaan dikenakan pajak 25 persen sampai 28 persen," ujarnya.

Ahok menambahkan mereka diperbolehkan untuk tetap beroperasi dengan pelat hitam seperti rental mobil. Namun sebelumnya harus mendaftarkan diri ke Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta.

"Ini mesti ada keadilan. Saya katakan kalau Grab segala macam bisa jadi taksi sewa pelat hitam tidak apa-apa. Tapi mereka mesti daftar sebagai pengusaha yang menyewakan taksi. Artinya harus tempel logo di mobil," jelasnya.(OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Reno Esnir

3,7 Juta Warga di Jakarta Sudah Divaksin Booster

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 16 Mei 2022, 11:31 WIB
Target tes WHO adalah 1.000 orang dites PCR per sejuta penduduk per minggu (bukan spesimen), artinya target WHO untuk Jakarta adalah...
dok.Ant

Mudik 2022 : 651.427 Ribu Penumpang Berangkat Dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen

👤Fetry Wuryasti 🕔Senin 16 Mei 2022, 11:10 WIB
PT KAI Daop 1 Jakarta mencatat terdapat 651.427 penumpang dari Daop 1 Jakarta untuk keberangkatan KA dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen...
dok.Ant

Gencarkan Angkutan Umum Listrik, Anies Gandeng Bloomberg New Energy Finance

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 16 Mei 2022, 08:50 WIB
GUNA mendukung rencana pengoperasian kendaraan umum bertenaga listrik secara menyeluruh pada 2030, Pemprov DKI Jakarta menggalakkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya