Kamis 02 Juli 2020, 14:32 WIB

Reklamasi Ancol, Walhi : Preseden Buruk Anies

Insi Nantika Jelita | Megapolitan
Reklamasi Ancol, Walhi : Preseden Buruk Anies

Antara
Ancol Jakarta

 

WALHI Jakarta secara tegas menolak soal keputusan Gubernur Anies Baswedan yang mengizinkan perluasan kawasan Dufan dan Ancol Timur.

"Kami menolak keputusan gubernur yang meberikan izin pelaksanaan perluasan kawasan dufan dan ancol seluas 155 hektare. Itu memunculkan preseden buruk," ujar Direktur Eksekutif Walhi Jakarta, Tubagus Soleh Ahmadi, saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis (2/7).

Walhi Jakarta menilai tidak ada urgensi dalam reklamasi Ancol tersebut. Tubagus menyebut konsep proyek perluasan dianggap tidak jelas.

Menurutnya, setelah penertiban izin mendirikan bangunan (IMB) di pulau D, lalu saat ini menghidupkan reklamasi. Tubagus menuding jika proyek reklamasi Ancol diteruskan, maka ke depan pesisir dan teluk Jakarta dinilai tidak memiliki kepastian akan masa depan lingkungan hidup.

"Apa urgensinya reklamasi ancol? Ini terlihat bahwa pemerintah tidak memiliki konsep yang jelas dalam pemulihan teluk Jakarta," tukas Tubagus.

Walhi Jakarta mendesak Gubernur Anies Baswedan untuk membatalkan dan menarik Keputusan Gubernur (Kepgub) Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 237 Tahun 2020 tentang Izin Pelaksanaan Perluasan Kawasan Rekreasi Dunia Fantasi (Dufan) Seluas sekitar 35 hektare dan Kawasan Rekreasi Taman Impian Ancol Timur Seluas 120 hektare

"Harus dibatalkan apapun konsepnya, karena tidak dibenarkan. Saya tidak tahu persis soal perianjian tersebut, tetapi dengan kebijakan dan kewenangan Gubernur tentunya bisa ditolak reklamasi tersebut," pungkas Tubagus. (OL-2)

 

Baca Juga

Antara

41,7% Kasus Harian Covid-19 Berasal dari Jakarta

👤MGN 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 22:35 WIB
Sebanyak 551 kasus dari 1.322 kasus covid-19 nasional ditemukan di Provinsi DKI Jakarta pada Minggu...
dok.DPP Gemabudhi

DPP Gemabudhi Kecam Dugaan Kekerasan dan Perampasan Aset Vihara Tien En Tang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 20:05 WIB
DPP Gemabudhi mengecam aksi kekerasan dan erampasan terhadap aset Vihara Buddha Tien En Tang di kawasan Green Garden, Jakarta Barat pada...
MI/SUSANTO

Sering Macet Parah, Lalin di Kawasan Cipete Diubah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 18:54 WIB
Dishub DKI Jakarta melakukan uji coba rekayasa lalu lintas di kawasan Cipete, Jakarta Selatan mulai 30 September-13 Oktober...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya