Rabu 03 Februari 2016, 09:41 WIB

Program Pengendalian Banjir Kota Bogor Tersendat

Basuki Eka Purnama | Megapolitan
Program Pengendalian Banjir Kota Bogor Tersendat

MI/BARY FATHAHILLAH

 

PROGRAM pengendalian banjir di Kota Bogor, Jawa Barat, berupa pembangunan kolam retensi dan sumur resapan tersendat karena dibatalkannya dana bantuan untuk kota mitra dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Tidak dianggarkannya bantuan kota mitra karena ada keterlambatan proses di DKI Jakarta dan ini mempengaruhi semua," kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Rabu (3/2).

Ia mengatakan dana bantuan kota mitra dari Pemprov DKI Jakarta dialokasikan oleh Pemerintah Kota Bogor untuk program pengendalian banjir dengan pembangunan sumur resapan, sumur imbuhan, dan bioretensi.

"Dana bantuan tahun lalu juga terlambat disalurkan, jadi program pengendalian banjir belum terlaksana. Tahun 2016 ini tidak dianggarkan, baru dianggarkan lagi di 2017," katanya.

Bima enggan dikatakan, kalau program pengendalian banjir di Kota Bogor mangkrak karena adanya pembatalan dana bantuan kota mitra dari Pemprov DKI Jakarta.

"Bukannya mangkrak, tapi mundur. Jadwal harusnya dikerjakan kemarin jadi dimundurkan. Belum bisa berjalan, karena adanya pembatalan ini," katanya.

Ia juga mengklarifikasi bahwa pembatalan dana bantuan kota mitra bukan karena keterlambatan pengajuan usulan dari masing-masing kota mitra tetapi adanya proses keterlambatan di DRPD DKI Jakarta.

"Jadi ada proses di DPRD DKI Jakarta yang terlambat, bukan kota mitra yang terlambat mengajukan," kata Bima menjelaskan.

Menurutnya, Pemprov DKI Jakarta tengah fokus mengelola banjir, oleh karena itu anggaran dialokasikan untuk program prioritas salah satunya mengatasi banjir.

"Pemprov DKI juga sudah meminta keterangan dari kota mitra, karena fokus pengendalian banjir, Kota Bogor sudah mengusulkan pembangunan kolam retensi dan sumur resapan," kata Bima. (Ant/OL-3)

Baca Juga

Antara/Dhemas Reviyanto

Evaluasi HBKB, Koalisi Pejalan Kaki Soroti Rendahnya Pemindaian Peduli Lindungi

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 25 Mei 2022, 22:26 WIB
"Nah di rapat evaluasi kemarin juga jadi sorotan terkait dengan masih sedikitnya publik yang melakukan pemindaian QR code," kata...
Antara/Dhemas Reviyanto

Koalisi Pejalan Kaki Minta Satgas Penanganan Covid-19 Bikin Panduan HBKB

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 25 Mei 2022, 21:00 WIB
Panduan teknis itu berisikan berbagai ketentuan dan syarat pelaksanaan HBKB, termasuk apabila nantinya ada pihak-pihak yang ingin menggelar...
Dok MI

Pakar: Penertiban Penunggak Tagihan Air Tirta Pakuan Sesuai Regulasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 20:27 WIB
Suparji Ahmad menyebut bahwa langkah Perumda sudah sesuai dengan regulasi dari Perda Nomor 5 Tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya