Rabu 03 Februari 2016, 07:45 WIB

Satwa Langka Senilai Rp3 M Dimusnahkan

Administrator | Megapolitan
Satwa Langka Senilai Rp3 M Dimusnahkan

MI/ARYA MANGGALA

 

JAJARAN Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Mabes Polri, Selasa (2/2/2016), memusnahkan barang bukti kasus perdagangan satwa yang dilindungi.

Barang bukti itu berupa penyu yang diawetkan, kulit buaya, tulang, taring, dan kulit harimau yang total bernilai Rp3 miliar.

Kasubdit I Direktorat Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Kombes Asep Adi Saputra mengatakan organ-organ satwa itu didapat dari tersangka berinisial SH yang ditangkap pada awal Desember tahun lalu. Tersangka ialah perajin tas, sepatu, dan dompet berbahan baku kulit.

“Tersangka menjual kerajinannya berdasarkan pesanan dari para pelanggan sejak awal 2015. Saat kami geledah, rupanya ada juga tulang dan satwa yang diawetkan. Berdasarkan pengakuannya, sudah ada 11 harimau yang diolah dan itu kulit-kulitnya,” terang Asep seraya menunjuk tumpukan kulit harimau.

Hingga saat ini, polisi masih mencari pemasok satwa-satwa itu kepada SH. “Dia mendapatkan satwa-satwa itu dari Sumatra, khususnya Jambi. Tapi siapa pemasoknya, ini lagi ditelusuri,” ujar Asep.

Di kesempatan yang sama, Kepala Bareskrim Polri Komjen Anang Iskandar mengatakan segala bentuk penjualan satwa yang dilindungi merupakan pelanggaran terhadap perjanjian internasional tentang perlindungan terhadap satwa langka (CITES). (Beo/J-1)

Baca Juga

Ist

Gelar Acara Bersepeda Sehat di Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 05:23 WIB
Gelaran kegitaan sepeda sehat  dengan tema “Menikmati kehidupan rendah karbon di Jakarta, bergandengan tangan membangun...
MI/Ramdani

Komisaris Ancol Berencana Bangun Jembatan Gantung dari JIS ke Sirkuit Formula E

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 24 Mei 2022, 22:04 WIB
Dengan dibuatnya jembatan penghubung itu, maka pengunjung JIS bisa memarkirkan kendaraannya di TIJA memiliki banyak kantong...
Antara

DKI Kaji Opsi PKL Kembali Berjualan di Car Free Day

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 24 Mei 2022, 20:15 WIB
Jika kebijakan itu direalisasikan, Pemprov DKI tetap meminta warga untuk disiplin memakai masker dan menjaga jarak selama di kawasan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya