Selasa 30 Juli 2019, 16:15 WIB

Pemkot Larang Jual Hewan Kurban di Pinggir Jalan

Gana Buana | Megapolitan
Pemkot Larang Jual Hewan Kurban di Pinggir Jalan

ANTARA
Penjual hewan kurban

 

PEMERINTAH Kota Bekasi melarang penjual hewan kurban berjualan di pinggir jalan. Apalagi, posisi titik penjualan hewan tersebut membahayakan keselamatan orang banyak.

“Di pinggir jalan tidak boleh, di trotoar apalagi, bahkan jualan di tempat yang panas juga kami larang,” ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi, Momon Sulaeman, Selasa (30/7).

Baca juga: Anies Usulkan Uji Emisi Kendaraan Berat di Pintu Keluar Tol

Momon mengatakan, lokasi penjualan hewan kurban pun akan menjadi pemantauan pemerintah Kota Bekasi. Sebab lokasi penjualan termasuk dalam unsur Aman dalam empat kriteria penjualan hewan kurban. Adapun, kriteria yang dimaksud adalah Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH).

“Ya, kalau jualannya di pinggir jalan nanti ada mobil atau motor ngebut hewannya keserempet bahaya. Sudah tidak aman nanti hewan calon kurban tidak utuh lagi,” jelas Momon.

Menurut Momon, jumlah titik penjualan hewan kurban tidak akan berbeda jauh dari Idul Adha 1439 H kemarin. Pada Idul 1439 H, tercatat sekitar 749 titik hewan kurban ada di Kota Bekasi. Pada 1440 H kali ini diprediksi ada sekitar 800 penjual hewan kurban bakal berjualan di Kota Bekasi.

Adapun, berdasarkan catatannya, jumlah hewan yang disembelih setiap tahun mengalami peningkatan. Pada 1438 H kemarin jumlah hewan kurban yang disembelih mencapai 36 ribu ekor. Diprediksi tahun ini mencapai 40.000 hingga 41 ribu ekor. Adapun, jumlah penduduk muslim di Kota Bekasi mencapai 2,2 juta jiwa dari jumlah total sebanyak 2,7 juta jiwa.

“Tiap tahun naiknya berkisar 5 ribu ekor hingga 6 ribu ekor,” tandas dia. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA

Masuk Ancol Gratis pada 3 Februari Asal Penuhi Syarat dan Ketentuan

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 02 Februari 2023, 08:45 WIB
Menurut Winarto, tiket gratis masuk Ancol tidak termasuk tiket kendaraan pribadi dan unit rekreasi yang ada di...
dok.ist

Komunitas Sopir Truk DKI Berikan Alat Las dan Steam untuk Sopir Truk di Jaktim

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 02 Februari 2023, 06:15 WIB
KOMUNITAS sopir truk DKI Jakarta pendukung Ganjar Pranowo memberikan alat steam dan las, untuk para sopir truk yang berasal dari sejumlah...
Dok. MI

Proyek Penyaringan Sampah Kali Ciliwung Baru Rampung Bulan Depan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 01 Februari 2023, 21:57 WIB
Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menargetkan proyek penyaringan sampah Kali Ciliwung selesai pada Januari ini. Namun, terdapat kendala dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya