Jumat 18 Januari 2019, 12:52 WIB

Pembayaran Nontunai akan Diterapkan pada Rute Bus Pengumpan

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pembayaran Nontunai akan Diterapkan pada Rute Bus Pengumpan

ANTARA FOTO/Reno Esnir

 

PT TransJakarta mulai menggalakkan transaksi nontunai pada rute-rute bus pengumpan (feeder) yang melayani penumpang di luar koridor.

Sosialisasi pembayaran non tunai dilakukan di bus feeder oleh kondektur yang sedang bertugas. Rute bus feeder yang menjalani uji coba mesin taping, yakni rute Stasiun Tanah Abang-Stasiun Gondangdia serta Kampung Melayu-Tanah Abang.

"Kita sedang sosialisasi supaya penumpang pakai kartu uang elektronik semua. Sejak 1 Januari lalu mesin tapping yang ada di bus-bus seperti di tiang mulai dioperasikan. Penumpang yang punya kartu uang elektronik tinggal tapping saat masuk dan keluar," kata petugas Transjakarta, Yoni, ditemui saat sedang bertugas, Jumat (18/1).

Yoni pun mempersilakan setiap penumpang yang hendak naik bus untuk tapping kartu uang elektronik pada mesin tapping baik saat masuk maupun keluar.

Pada bus feeder rute Stasiun Tanah Abang-Stasiun Gondangdia mesin tapping disediakan sebanyak dua buah, yakni di depan pintu masuk serta di tiang dekat pintu keluar yang berada di bagian dalam tengah bus.

Baca juga: PNS DKI Gratis Naik Transjakarta, Anies: Pakai Itu!

Yoni menuturkan, TransJakarta menginginkan penumpang bus feeder pun bisa menggunakan pembayaran nontunai secara total seperti yang diterapkan pada bus dalam koridor.

Saat ini, bus feeder TransJakarta memang masih menerima pembayaran tunai di samping juga menerima pembayaran nontunai melalui taping kartu uang elektronik di mesin electronic data capture (EDC) yang dibawa petugas maupun yang telah disediakan di dalam bus.

Yoni menjelaskan sejak diberlakukan aturan tersebut, sebanyak 57% penumpang yang menaikki bus rute Stasiun Tanah Abang-Stasiun Gondangdia telah menggunakan pembayaran nontunai.

"Kampung Melayu-Tanah Abang lebih cepat lagi. Baru tiga hari diberlakukan sudah 100% nontunai jadi di rute itu sekarang sudah nontunai total. Nah, yang rute Stasiun Tanah Abang-Stasiun Gondangdia jika memang sudah 100% maka akan mulai ditetapkan hanya menggunakan pembayaran nontunai," terangnya.

Jika pada rute tersebut telah ditetapkan pembayaran non unai, maka bagi penumpang yang belum memiliki kartu uang elektronik diperbolehkan membeli di petugas kondektur.

"Nantinya di seluruh rute feeder akan berlaku seperti ini," terangnya.(OL-5)

Baca Juga

Antara/M. Risyal Hidayat

Warga Sambut Positif HBKB di Jakarta Diadakan Lagi

👤Putri Ansia Yuliani 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:15 WIB
Selain itu, kebijakan ini juga sudah bisa dilakukan karena jumlah vaksinasi di Jakarta juga cukup tinggi sehingga ia menilai kekebalan...
ANtara/Yusuf Nigroho

Minyak Goreng Curah di Kota Bekasi Terpantau Sudah Turun Rp14 Ribu per liter

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 19:00 WIB
Ia menjelaskan, turunnya harga minyak goreng sudah ditetapkan dari tingkat agen. Para pedagang biasa membeli dalam ukuran jiriken 5 hingga...
MI/Ramdani

Formula E Jadi Momentum Pertumbuhan Kendaraan Listrik

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 18:45 WIB
"Hadirnya Formula E ini menjadi momentum awal pertumbuhan industri kendaraan listrik. Ini juga menunjukkan pemerintah concern terhadap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya