Selasa 31 Maret 2015, 00:00 WIB

Pengguna Narkotika Mencapai 5,6 Juta

Pengguna Narkotika Mencapai 5,6 Juta

MI/SUMARYANTO

 
JUMLAH pengguna narkotika di Indonesia pada tahun ini diperkirakan bakal mencapai 5,1 hingga 5,8 juta jiwa atau sekitar 2,8% dari jumlah penduduk. Angka itu meningkat jika dibandingkan dengan tahun lalu yang tercatat 4 juta jiwa atau 2,18% dari total populasi (berusia 10-59 tahun).

Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia, kemarin, menyebutkan perkiraan angka tersebut didasarkan pada hasil penelitian BNN bekerja sama dengan Puslitkes UI pada 2014 tentang Survei Nasional Penyalahgunaan Narkoba di Indonesia.

Untuk menurunkan permintaan dan pasokan narkotika secara agresif dan terus menerus, Direktorat Penguatan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah BNN pada 25 hingga 28 Maret lalu menggelar kegiatan peningkatan kemampuan petugas pelaksana rehabilitasi melalui Modalitas Therapeutic Community di Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

Terkait dengan tahun pelayanan rehabilitasi bagi 100.000 pecandu dan korban penyalahgunaan narkotika, Kepala BNN Provinsi Kalbar Dani M Darmawan mengatakan untuk mendukung program itu harus memanfaatkan lembaga non rehabilitasi di lingkungan lembaga/instansi pemerintah.

"Di Kalbar saat ini ada satu LP, satu Rindam, dan 1 SPN (Sekolah Polisi Negara) yang akan dijadikan tempat rehabilitasi rawat inap dalam mendukung program tersebut," tuturnya. (RO/J-2)

Baca Juga

Antara

Kantor Wali Kota Jakpus Tutup karena Temuan Positif Korona

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 26 Februari 2021, 18:55 WIB
Tiga pejabat tersebut adalah Kepala Bagian (Kabag) Hukum, Kabag Tata Pemerintah (Tapem) dan Asisten Pemerintahan...
Antara

Usai Obrak Abrik Tempat Indekos Briptu PN Dites Urine

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 26 Februari 2021, 17:36 WIB
POLISI yang mengamuk di sebuah indekos di Tanah Abang, Jakarta Pusat akan menjalani tes urine. Hal itu untuk memastikan apakah polisi...
Dok.MI

Anies Targetkan Mobil Berumur 10 Tahun ke Atas Dilarang pada 2025

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 26 Februari 2021, 15:55 WIB
Aturan itu tertuang dalam Instruksi Gubernur DKI Jakarta No 66/2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara ditandatangani Anies pada 1 Agustus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya