Rabu 21 November 2018, 12:45 WIB

BNNP DKI Sebut 24% Pelajar Gunakan Narkoba

Ferdian Ananda Majni | Megapolitan
BNNP DKI Sebut 24% Pelajar Gunakan Narkoba

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi DKI Jakarta Brigjen Johny Pol Latupeirissa -- Ist

 

KEPALA Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi DKI Jakarta Brigjen Johny Pol Latupeirissa mengatakan sekitar 24% pengguna narkoba berasal dari kalangan pelajar. Oleh karena itu, pihaknya melakukan berbagai upaya guna mencegah penyalahgunaan narkotika di sekolah.

"Dari angka prevalensi penyalahgunaan narkotika dari seluruh Indonesia, 24% adalah pelajar. Makanya kami mengajak guru-guru BK menjadi kepanjangan tangan untuk bisa mengantisipasi anak-anak terhindar dari narkotika," kata Johny, Rabu (21/11) di Hotel Santika Premiere, Jakarta Barat.

Setelah melakukan deteksi dini di beberapa sekolah, kata Johny, pihaknya juga memberikan penanganan berupa sosialisasi, pencegahan, dan seminar di beberapa daerah.

"Kami mendapatkan bahwa pelajar mengunakan narkotika, baik secara sembunyi-sembunyi di sekolah atau di luar sekolah," sebut Johny

Baca juga: Pelajar SMP Tewas Usai Tawuran di Kembangan Jakarta Barat

Selanjutnya, jika diketahui pelajar terindikasi penyalahgunaan narkotika, upaya wajib yang dilakukan adalah dengan proses rehabilitasi.

"Wajib rehabilitasi. Tanpa rehabilitasi, mereka akan tergantung" lanjutnya.

Berdasarkan Survei Badan Narkotika Nasional (BNN) diketahui pengguna narkotika mencapai 1,77% (3,3 juta orang), dengan rincian pekerja 59%, pelajar 24%, dan populasi umum (tidak bekerja tetap) 17%.

Di DKI Jakarta, BNNP menemukan bahwa delapan dari 47 sekolah setingkat SMP dan 10 dari 48 sekolah setingkat SMA/SMK terindikasi penyalahgunaan narkotika. (OL-2)

Baca Juga

Antara/Fakhri Hermansyah.

Satpol PP Segera Tertibkan Lokalisasi Rawa Malang Jakarta Utara

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 25 September 2022, 16:50 WIB
Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja DKI Jakarta siap menertibkan kawasan lokalisasi Rawa Malang, Semper, Jakarta Utara. Hal itu disampaikan...
MI/Nicky Aulia Widadio.

Pengembang Pulau C Wajib Bangun Rusun

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 25 September 2022, 16:35 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membenarkan pihak swasta yang menjadi pengembang pulau reklamasi yakni pulau C atau Pulau Kita...
MI/ Syarief Oebaidillah

DPD Partai Nasdem Tangsel Gelar Konsolidasi Bacaleg dan Pemenangan Pemilu

👤Syarief Oebaidillah 🕔Minggu 25 September 2022, 15:50 WIB
Efendy Choirie mengatakan, target NasDem diharapkan dapat satu kursi di DPR RI dari setiap DPW dan minimal 5 kursi DPRD Provinsi, Kabupaten...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya