Minggu 29 Maret 2015, 00:00 WIB

Pengurangan Beban Listrik 2,5%-3%

MI/Tim Media/X-8 | Megapolitan
Pengurangan Beban Listrik 2,5%-3%

MI/RAMDANI

 
LIMA ikon Kota Jakarta, yakni Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Bundaran Hotel Indonesia, kawasan Monas tanpa tugunya, air mancur Arjuna Wiwaha dekat Indosat, dan Patung Pemuda, memadamkan lampu sejak pukul 20.30 WIB hingga 21.30 tadi malam. Selain lima ikon Jakarta itu, beberapa mal dan hotel di Jakarta, seperti Senayan City, The Media Hotel & Towers juga ikut berpartisipasi dalam global earth hour ke-7 dengan memadamkan listrik selama satu jam. Beberapa lampu di jalan layang di Ibu Kota juga dipadamkan, yakni di sepanjang Jl Sudirman-Jl MH Thamrin, sepanjang Jl Gatot Subroto-Jl HR Rasuna Said, serta lampu papan reklame milik Pemprov DKI.

"Earth hour ialah kegiatan sukarela. Kita menggugah masyarakat untuk ikut berpartisipasi. Namun, tidak semua lampu jalan dimatikan demi keselamatan pengguna jalan juga," kata Direktur Komunikasi dan Advokasi WWF Indonesia Nyoman Iswarayoga, di Jakarta kemarin. Kota lain yang berpartisipasi, lanjut Iswarayoga, di antaranya Denpasar, Makassar, Yogyakarta, Aceh, Padang, Medan, Palembang, Pekanbaru, Lampung, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Bandung. Namun, gerakan global earth hour masih belum menjadi kesadaran penuh masyarakat meski sudah berlangsung tujuh tahun.

Di perumahan Puri Indah, Kembangan, Kencana Indah, Kedoya Elok, dan Sunter Garden, serta gedung-gedung dekat Kantor Wali Kota Jakarta Barat tampak terang. Di sisi lain, Dirut PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) persero, Murtaqi Syamsuddin, mengatakan kampanye hemat energi melalui gerakan mematikan listrik selama satu jam tidak secara signifi kan mengurangi beban listrik. Sebabnya, gerakan itu hanya marak di Jakarta dan kota besar, bukan di seluruh rumah tangga. Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyanto, memperkirakan beban listrik dari pelaksanaan kampanye global earth hour tadi malam berkurang 2,5%-3% dari total beban di wilayah Jawa, Madura, Bali pada akhir pekan, yakni 19.500 megawatt.

Baca Juga

ANTARA

Polda Metro Jaya Janji Bela Pemilik Tanah yang Sah

👤Yakub Pryatama W 🕔Rabu 03 Maret 2021, 12:53 WIB
Polda Metro Jaya bekerja sama dengan Dirjen Penanganan Sengketa dan Konflik Tanah ATR/BPN untuk berantas mafia...
MI/Susanto

Pemprov DKI Luncurkan KSBB Penataan Permukiman dan Persampahan

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 03 Maret 2021, 12:47 WIB
Anies menuturkan  program KSBB ini menjadi stimulus terjadinya interaksi yang lebih antara warga yang dibantu dengan yang...
Ilustrasi/medcom.id

Polisi Panggil Gus Idris Soal Hoaks Korban Penembakan

👤Yakub Pryatama 🕔Rabu 03 Maret 2021, 11:59 WIB
Polda Jawa Timur menyebut video yang menampilkan Gus Idris dalam kondisi berdarah dan viral itu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya