Selasa 26 Juni 2018, 15:09 WIB

Ini yang Mesti Dilakukan Para Pendatang di Jakarta

Yanurisa Ananta | Megapolitan
Ini yang Mesti Dilakukan Para Pendatang di Jakarta

ANTARA FOTO/Galih Pradipta

 

PASCALEBARAN, para pendatang di Ibu Kota berdatangan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) akan melakukan operasi bina kependudukan (binduk),  dua pekan ke depan. Disdukcapil akan memberikan identitas penduduk bagi pendatang yang memiliki keterampilan.

Namun, menurut Kepala Disdukcapil Edison Sianturi ada sejumlah syarat yang mesti dipenuhi para pendatang sebelum mendapatkan identitas penduduk. Pertama, mereka harus melapor ke RT, kelurahan di Jakarta. Itu bagi mereka yang tercatat sebagai penduduk nonpermanen.

“Kalau mau jadi penduduk permanen ya harus membawa surat keterangan pindah dari Disdukcapil daerah asal. Kalau penduduk nonpermanen, mereka bawa surat jalan, bawa KTP lapor ke RT, lalu lapor ke kelurahan. Nanti akan diberikan surat keterangan domisili sementara,” imbuhnya.

Edison menjelaskan, Jakarta sebagai Ibu Kota terbuka bagi siapa saja asalkan memenuhi syarat tersebut.

Bagi para pendatang yang kedapatan berdiam di tempat-tempat terlarang, petugas operais binduk pun akan menindak dengan melibatkan SKPD lain, misalnya Dinas sosial, Satpol PP dan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), wali kota, camat, lurah dan RT/RW.

“Kita jemput dia, kita bawa ke panti sosial, itu diidentifikasi Dinsos, apakah mereka datang tanpa tujuan atau memang hanya ikutan. Lantas mereka bilang ‘saya juga tidak tahu tujuan ke Jakarta’. Itu sasaran kita, nanti kita ongkosi mereka pulang,” tandasnya. (OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Kamaruddin Sebut Dendam Motif Pembunuhan Brigadir J

👤Siti Yona Hukmana 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:16 WIB
Kuasa hukum mengapresiasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang berani membuka otak pelaku penembakan Brigadir...
dok.ist

Komunitas Ojol Jakarta Utara Gaungkan Ganjar Presiden 2024

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:09 WIB
KOLABORASI Warung Tegal (Kowarteg) Indonesia kembali blusukan ke kalangan masyarakat kebanyakan di Jakarta Utara. Kali ini, ke komunitas...
Dok. Diskominfo kota Medan

Kahiyang Ayu Pimpin TP PKK Kota Medan Kunjungi Kota Tangsel

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:08 WIB
Kunjungan TP PKK Kota Medan yang diketuai Kahiyang Ayu diterima Wali Kota Benyamin Davnie, bersama Ketua TP PKK Kota Tangsel Tini...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya