Rabu 20 Juni 2018, 08:20 WIB

Arus Balik Mulai Padati Tanjung Priok

Cahya Mulyana | Megapolitan
Arus Balik Mulai Padati Tanjung Priok

ANTARA/Hafidz Mubarak A

 

KEMENTERIAN BUMN menyampaikan terima kasih atas peran serta sejumlah BUMN dalam menyiapkan angkutan mudik dan arus balik Lebaran 2018. Salah satu BUMN tersebut adalah PT Pelni (Persero) yang mulai Selasa (19/6) kembali sandar di Pelabuhan Tanjung Priok dengan penumpang balik dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

KM Dobonsolo milik PT Pelni (Persero) menjadi kapal pertama arus balik yang tiba di Jakarta. Kapal tipe 2.000 pax itu mengangkut 1.006  pemudik dan 407 unit sepeda motor.

Deputi Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal menyatakan mudik bareng BUMN 2018 dengan kapal Pelni merupakan hasil sinergi 23 BUMN.

PT Pelni (Persero) sebagai BUMN transportasi laut menyiapkan 24.512 tiket gratis bagi pemudik dari berbagai pelabuhan di Indonesia dalam program Mudik Bareng BUMN 2018.

"Kementerian BUMN ingin memastikan bahwa BUMN hadir untuk pelayanan masyarakat di hari besar keagamaan. Mudik maupun balik bisa berjalan lancar. Mereka, para pemudik pun mendapat kenyamanan berkat sinergi BUMN," kata Hambra dalam keterangan resmi. Rabu (20/6)

Sebelumnya, pemberangkatan Mudik Bareng BUMN 2018 dengan kapal Pelni telah dimulai sejak Minggu (3/6). Sedangkan secara nasional, pelepasan Mudik Bareng BUMN 2018 dengan kapal Pelni dilaksanakan di Jakarta pada Sabtu (9/6)

Kedatangan KM Dobonsolo yang membawa balik pemudik dari Tanjung Emas, Semarang, dijemput Direktur Usaha Penumpang PT Pelni (Persero) OM Sodikin.

Menurut Sodikin, KM. Dobonsolo berangkat dari Semarang ke Jakarta, Senin (18/6) sore.

"Kapal KM Dobonsolo merupakan kapal perdana pengangkut pemudik sepeda motor gratis dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Kapal sudah bersandar pagi ini pukul 08.00 WIB dan pemudik sudah mulai keluar kapal untuk melanjutkan perjalanan ke rumah di sekitar Jabodetabek,” terang Sodikin.

Kapal 3 in1  berbobot GT 14.000 buatan Jerman yang mampu mengangkut orang, kontainer, sepeda motor, mobil dan alat berat itu merupakan satu dari 16 unit kapal yang disiapkan Kemehub untuk mengangkut pemudik sepeda motor pada arus balik dari Semarang menuju Jakarta.

Angkutan mudik gratis sepeda motor dari Semarang akan berlangsung pada 18, 19, 20, 21 dan 22 Juni 2018.  

"Dari data yang sudah masuk, tanggal 20 dan 22 Juni 2018. Kuota pendaftar mudik gratis arus balik sudah mencapai angka 95%," jelas Sodikin. (OL-2)

Baca Juga

DOK @lestykejora di Instagram.

Polisi akan Cek Kondisi Psikologis Lesti Kejora Korban KDRT

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 30 September 2022, 16:49 WIB
Polisi bakal mengecek kondisi psikologis penyanyi dangdut Lesti Kejora setelah diduga menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT)...
DOK @lestykejora di Instagram.

KDRT Lesti Kejora, Rizky Billar Terancam Lima Tahun Penjara

👤Rahmatul Fajri 🕔Jumat 30 September 2022, 16:41 WIB
Lesti Kejora melaporkan suaminya Rizky Billar ke Polres Jakarta Selatan atas dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) pada Rabu...
Antara

KAI Terapkan Face Recognition, Boarding Cukup Pindai Wajah

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 30 September 2022, 15:53 WIB
Face Recognition Boarding Gate mempermudah pelanggan KA Jarak Jauh, tanpa perlu repot menunjukan berbagai dokumen. Seperti, boarding pass...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya