Jumat 20 April 2018, 17:05 WIB

Kasus Narkoba Artis, Jaksa Agung: Tim Asesmen BNNP Harus Objektif

Golda Eksa | Megapolitan
Kasus Narkoba Artis, Jaksa Agung: Tim Asesmen BNNP Harus Objektif

MI/MOHAMAD IRFAN

 

KORPS Adhyaksa berharap agar tim asesmen yang menangani perkara narkoba sejatinya melaksanakan tugas secara objektif dan proporsional. Hal itu disampaikan Jaksa Agung HM Prasetyo merujuk asesmen yang diberikan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DKI Jakarta kepada artis Riza Shahab.

Dalam kasus itu, Riza yang kedapatan memiliki narkotika jenis sabu dan terbukti positif mengkonsumsi melalui tes urin, diputuskan untuk menjalani rehabilitasi dan bukan diproses pidana melalui mekanisme peradilan.

"Kalau namanya direhabilitasi namanya begitu. Ada tim yang melakukan asesmen terpadu. Yang kita harapkan tim asesmen itu sendiri harus objektif, harus betul-betul proposional. Kalau dia pengguna, ya (dinyatakan) pengguna. Kalau pengedar, ya pengedar," ujar Prasetyo di Kompleks Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (20/4).

Menurut dia, tim asesmen yang berhak menentukan apakah pihak-pihak yang sebelumnya diamankan karena tersandung kasus narkoba, itu murni pengguna sehingga perlu direhabilitasi atau justru sebagai pengedar.

"Siapa tau dia menyimpan bukan untuk dirinya sendiri, bisa terjadi, kan. Oleh karena itu perlunya filter dari tim asesmen. Itulah tim asesmen yang menentukan," katanya.

Ia menambahkan, sangat diperlukan pula kebijakan yang tentu menjadi perhatian serius para penegak hukum sebelum mengambil keputusan, seperti yang dilakukan tim asesmen BNNP DKI.

"Kalau misalnya semua dipenjarakan, mungkin belum tentu yang dipenjarakan itu keluar akan sembuh. Malah mungkin akan jadi pengedar. Di situlah pertimbangan tim asesmen sangat penting," tutup dia. (OL-5)

Baca Juga

MI/Vicky Gustiawan

Bangku Penonton Sirkuit Formula E akan Dipasang Atap

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 19 Mei 2022, 17:02 WIB
Selain itu, pemasangan pagar pembatas sirkuit juga dalam tahap pelaksanaan. Pagar ini akan langsung diawasi, serta diperiksa keamanannya...
ANTARA

Dinas LH DKI Ungkap Banyak Truk Tinja Nakal Buang Limbah di Saluran Air

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 19 Mei 2022, 15:29 WIB
Menurut Humas Dinas LH DKI, pihaknya sudah pernah beberapa kali menemukan kejadian serupa di mana para sopir atau awak angkutan truk tinja...
MI/ANGGA

Pasokan Air Bersih Marunda Kepu Terputus Satu Bulan, Walhi Jakarta: Bentuk Kegagalan Negara

👤Hilda Julaika 🕔Kamis 19 Mei 2022, 15:23 WIB
Sudah satu bulan masyarakat Marunda Kepu yang merupakan pelanggan PT Aetra Air Jakarta tidak dapat menikmati pasokan air bersih akibat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya