Jumat 30 Juni 2017, 20:37 WIB

Arus Urbanisasi Tidak Bisa Dicegah

Gana Buana | Megapolitan
Arus Urbanisasi Tidak Bisa Dicegah

MI/RAMDANI

 

URBANISASI dan migrasi ke Jakarta tak bisa dicegah. Sebab, Jakarta punya daya tarik dan tak ubahnya gula yang selalu dihampiri ribuan semut.

Sosiolog yang juga Rektor Universitas Ibnu Chaldun Jakarta Musni Umar menyampaikan hal tersebut, Jumat (30/6). "Dari waktu ke waktu, urbanisasi dan migrasi pendatang ke Jakarta tak bisa dicegah," katanya.

Musni menjelaskan, masalahnya saat ini kebanyakan warga yang datang ke Jakarta banyak tidak memiliki keterampilan. Mereka hanya sebatas mengandalkan ijazah padahal keahlian amat dibutuhkan di Jakarta.

Keahlian memasak, pertamanan, menjahit ataupun keahlian lain yang cukup bisa diandalkan. Sehingga, ketika mereka datang ke Jakarta, kota ini tak perlu khawatir dengan arus urbanisasi.

"Maka Jakarta akan semakin dinamis, berkembang dan maju karena adanya para ahli-ahli ini. Sedangkan gelar semata belum cukup untuk berkompetisi di Jakarta," jelas dia.

Dengan kepakaran yang dimiliki, Musni meyakini warga pendatang akan bisa lebih sukses dalam waktu singkat. "Jangan datang ke Jakarta bila tak punya kepakaran. Sebab di Jakarta terkenal istilah ada uang abang disayang, tak punya uang abang ditendang," tukas dia. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

17 Korban Sriwijaya Air SJ 182 Terima Santunan dari Jasa Raharja

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 17 Januari 2021, 10:13 WIB
“Setiap korban meninggal dunia memperoleh santunan sebagai bentuk Perlindungan Dasar Pemerintah sebesar Rp50 juta sesuai Peraturan...
MI/M Irfan

Hari Ini Jakarta Diprediksi Diguyur Hujan

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 17 Januari 2021, 09:15 WIB
"Hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu pada pagi...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/

Pencarian CVR Sriwijaya Air Difokuskan

👤 (Faj/J-2) 🕔Minggu 17 Januari 2021, 05:25 WIB
 TIM SAR gabungan saat ini fokus pada pencarian keberadaan kotak hitam dari cockpit voice recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya