Selasa 06 September 2022, 14:17 WIB

Iran Tangkap Lebih dari 300 Orang yang Kampanye Antihijab

Mediaindonesia.com | Internasional
Iran Tangkap Lebih dari 300 Orang yang Kampanye Antihijab

AFP.
Orang-orang melihat pajangan karpet wol Azerbaijan modern dengan desain geometris tradisional yang berasal dari abad ke-17 di Iran.

 

PIHAK berwenang Iran menangkap lebih dari 300 orang yang dituduh berkampanye menentang aturan wajib jilbab. Media lokal melaporkan itu pada Minggu (4/9).

"Beberapa tindakan yang diambil, termasuk identifikasi lebih dari 300 orang yang berkampanye menentang jilbab dengan berbagai cara," kata kantor berita Fars mengutip seorang pejabat Iran. "Mereka semua ditangkap," tambah Ali Khanmohammadi, juru bicara lembaga yang berafiliasi dengan negara, Organisasi untuk Promosi Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan.

Tidak ada indikasi waktu penangkapan itu berlangsung dan mereka yang ditangkap masih ditahan atau sudah dibebaskan.
Sejak revolusi Islam pada 1979, hukum Iran telah mewajibkan semua wanita, terlepas dari kebangsaan atau keyakinan agama, untuk menutupi tubuh mereka dengan pakaian longgar dan menutupi kepala mereka di depan umum.

Banyak yang telah mendorong batas selama dua dekade terakhir dengan membiarkan penutup kepala mereka meluncur ke belakang dan memperlihatkan lebih banyak rambut, terutama di Teheran dan kota-kota besar lain. Namun dalam beberapa bulan terakhir, menurut media lokal, pihak berwenang di berbagai kota di seluruh negeri telah menindak pelanggaran tersebut.

Baca juga: Iran Vonis Mati Dua Perempuan Aktivis Hak Gay

Iran pada Juni tahun lalu memilih Presiden ultra-konservatif Ebrahim Raisi, yang menggantikan Hassan Rouhani yang moderat. Satu surat awal Juli oleh wakil jaksa Mashhad yang melarang wanita bercadar naik kereta api di kota suci itu telah menimbulkan kontroversi.

Pada akhir Juni, polisi menangkap beberapa gadis di selatan kota Shiraz setelah mereka melepas penutup kepala mereka selama acara skateboard bersama dengan penyelenggara. (AFP/OL-14)

Baca Juga

AFP/Christophe ARCHAMBAULT

Polisi Prancis Bubarkan Demonstran Iran di Paris dengan Gas Air Mata

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 26 September 2022, 10:00 WIB
Kepolisian Paris mengonfirmasi penggunaan gas air mata dengan mengatakan sejumlah demonstran berhasil menembus barikade yang ditempatkan di...
AFP/Andreas SOLARO

Untuk Kali Pertama, Italia akan Dipimpin Perempuan

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 26 September 2022, 09:53 WIB
Hasil exit poll memperlihatkan Partai Persaudaraan Italia atau Fratelli d'Italia akan menjadi partai politik terbesar dengan 25%...
AFP/UAE PRESIDENTIAL COURT

UEA Sepakat Pasok Gas dan Bahan Bakar Diesel untuk Jerman

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 26 September 2022, 09:27 WIB
Scholz berada di UEA dalam rangkaian tur ke kawasan Teluk yang mencakup lawaran ke UEA, Arab Saudi dan Qatar untuk memburu sumber energi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya