Sabtu 07 Mei 2022, 09:32 WIB

G7 dan Zelensky Akan Bahas Dukungan Barat dalam Perang Ukraina

Nur Aivanni | Internasional
G7 dan Zelensky Akan Bahas Dukungan Barat dalam Perang Ukraina

AFP/Sergei SUPINSKY
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

 

Para pemimpin negara-negara G7 dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky akan bertemu secara virtual pada Minggu untuk membahas dukungan Barat untuk perang Ukraina melawan Rusia.

Para pejabat di Jerman, yang saat ini memimpin kelompok itu juga termasuk Inggris, Kanada, Jerman, Italia, Jepang dan Amerika Serikat, pada Jumat memberikan sedikit rincian tentang pembicaraan yang akan datang tersebut.

Dikatakan juru bicara pemerintah Jerman Christiane Hoffmann, Kanselir Jerman Olaf Scholz akan menjadi tuan rumah pembicaraan tersebut dan Zelensky akan mengambil bagian dan melaporkan situasi saat ini.

Sanksi lebih lanjut atau setidaknya pengetatan sejumlah besar hukuman ekonomi yang telah dijatuhkan pada Rusia diperkirakan akan dibahas dalam pertemuan itu.

Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan para pemimpin akan menunjukkan persatuan G7 dalam tanggapan kolektif mereka.

Psaki mengatakan pertunjukan tekad Barat-Ukraina akan mengirim pesan simbolis ke Kremlin pada malam parade Hari Kemenangan pada 9 Mei. Hari tersebut menandai kemenangan Soviet atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II.

Pada Rabu, Presiden AS Joe Biden mengatakan dia terbuka untuk menjatuhkan lebih banyak sanksi terhadap Rusia dan akan membahas langkah-langkah dengan sekutu dari G7 dalam beberapa hari ke depan.

"Kami selalu terbuka untuk sanksi tambahan," kata Biden tak lama setelah Uni Eropa mengumumkan rencana untuk melarang impor minyak Rusia dan tindakan baru lainnya yang menghukum Moskow atas invasinya ke Ukraina.

"Saya akan berbicara dengan anggota G7 pekan ini tentang apa yang akan kami lakukan atau tidak," kata Biden kepada wartawan. (AFP/OL-12)

Baca Juga

AFP

Serpihan Benteng Terakhir Ukraina di Mariupol Terkatung-Katung

👤Cahya Mulyana 🕔Rabu 18 Mei 2022, 11:40 WIB
Rusia mengatakan sebanyak 265 pejuang Ukraina telah menyerah dari benteng terakhir yang dikepung di pabrik baja...
AFP/Noel Celis

Pandemi Sebabkan Angka Pernikahan di AS Capai Titik Terendah Sejak 1963

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 18 Mei 2022, 11:00 WIB
Dengan banyak pasangan memutuskan menunda pernikahan mereka, angka pernikahan pada 2020 turun hampir 17% dibandingkan tahun...
AFP/Abir Sultan.

PM Israel Restui Ekspansi Permukiman Ilegal di Tepi Barat

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 18 Mei 2022, 09:39 WIB
Israel telah membangun lebih dari 130 permukiman yang saat ini menjadi rumah bagi hampir 500.000 pemukim. Hampir 3 juta orang Palestina...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya